Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reklamasi Pelabuhan Semayang, Pelindo IV Gelontorkan Rp110 Miliar

PT Pelindo IV (Persero) Cabang Balikpapan menyiapkan anggaran sebesar Rp110 miliar untuk mereklamasi areal laut seluas 4,5 hektare guna penataan wilayah Pelabuhan Semayang.
/Dishub Kaltim
/Dishub Kaltim

Bisnis.com, BALIKPAPAN--PT Pelindo IV (Persero) Cabang Balikpapan menyiapkan anggaran sebesar Rp110 miliar untuk mereklamasi areal laut seluas 4,5 hektare guna penataan wilayah Pelabuhan Semayang.

General Manager PT Pelindo Cabang Balikpapan M. Basir mengatakan reklamasi lahan tersebut akan digunakan sebagai areal car terminal dan peletakan barang-barang yang mendukung bisnis supply base.

Saat ini, Pelindo IV sedang menunggu izin prinsip dari Pemerintah Kota Balikpapan untuk melakukan reklamasi tersebut.

“Kalau izin prinsip sudah diperoleh, kami segera susun dokumen lainnya dan akan langsung kami kerjakan karena pengembangan areal ini sudah mendesak,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (19/2/2014).

Basir mengakui pengajuan izin prinsip untuk mereklamasi areal tersebut seharusnya sudah diajukan sebelum aktivitas peti kemas dialihkan ke Terminal Peti Kemas (TPK) Kariangau.

Namun, dia menyebutkan walaupun terlambat proyek ini harus segera dilakukan agar pengembangan bisnis pelabuhan bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Dari luas areal reklamasi seluas 4,5 hektare, 1 hektar di antaranya akan digunakan sebagai areal car terminal.

Mobil baru yang didatangkan dari pabrikan di Pulau Jawa nantinya bisa langsung diletakkan sementara di lokasi tersebut sehingga tidak mengganggu bongkar muat pelabuhan yang saat ini hanya melayani logistik dan penumpang.

Selain itu, areal tersebut akan dimanfaatkan sebagai tempat parkir bagi kendaraan beroda enam lebih yang akan masuk ke kapal. Selama ini, kendaraan tersebut menggunakan badan jalan untuk parkir sehingga kerap menyebabkan kemacetan.

“Karena itu kebutuhan untuk reklamasi ini sangat mendesak. Kami berharap pemerintah kota bisa segera mengeluarkan izin prinsipnya,” katanya.

Adapun, lahan sisa seluas 3,5 hektare akan dimanfaatkan sebagai areal supply base yang akan diproyeksikan sebagai bisnis baru bagi Pelindo IV Cabang Balikpapan.

Aktivitas pertambangan minyak dan gas yang cukup besar di Selat Makassar menjadikan bisnis ini prospektif untuk dikembangkan.

“Lokasi Balikpapan ini strategis karena fasilitasnya sudah lengkap dibandingkan dengan daerah lain di sekitar Selat Makassar yang menjadi daerah pengembangan baru bagi bisnis migas. Peluang ini harus ditangkap,” tukasnya.

Basir menyebutkan rencana reklamasi itu sudah disinkronisasi dengan rencana pembangunan coastal road yang sedang dilelang oleh pemerintah. Karena itu, dia optimistis pengembangan kawasan pelabuhan sudah sesuai dengan rencana pembangunan pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper