Australia Tunjuk Konsul Baru di Bali

Oleh: Yanuarius Viodeogo 20 Desember 2015 | 09:45 WIB
Bisnis.com, CANBERRA - Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengumumkan penunjukan Helena Studdert sebagai Konsul-Jenderal Australia yang baru untuk Bali.
 
Dari keterangan resmi yang diterima Bisnis, pengumuman tersebut disampaikan, Jumat (18/12/2015).
 
Julie mengatakan, sama seperti Konsul sebelumnya, Studdert juga mempunyai tugas dalam penguatan hubungan bisnis, pembangunan, pendidikan dan kebudayaan di Bali dan Nusa Tenggara Barat.
 
"Hari ini saya mengumumkan penunjukan Dr Helena Studdert sebagai Konsul-Jenderal Australia yang baru di Bali. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada mantan Konjen Majell Hind atas sumbangsihnya dalam memajukan kepentingan Australia di Bali, sejak 2014," katanya, belum lama ini.
 
Dia mengutarakan, Konsul Jenderal di Bali merupakan pos tersibuk ketiga Australia dalam memberikan layanan konsular karena hampir 1 juta warga Australia berkunjung ke Bali setiap tahun.
 
Menurutnya, Bali sebagai bagian dari Indonesia adalah salah satu dari hubungan paling penting bagi Australia dengan kemitraan yang sangat produktif dan beragam meliputi bisnis, politik, pertahanan, keamanan, kebudayaan dan pendidikan.
 
Latar belakang dari Helena Studdert adalah pejabat karir Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia. Sebelumnya adalah Penasihat Internasional Australian-Civil Military Centre.
 
Dia pernah bertugas sebagai Duta Besar Australia untuk Serbia (2010-2013) dan Konselor di Komisi Tinggi Australia di Wellington (2003-2005).
 
Sementara di Canberra, Studdert bertugas sebagai Direktur, Seksi Informasi Konsular (2008-2010), Direktur Gugus Tugas APEC (2005-2008) dan Direktur Seksi Penghubung Menteri dan Eksekutif (2000-2003).
 
Studdert memperoleh gelar PHD (Sejarah) dari University of New South Wales, BA (Hons) dari UNSW dan Graduate Diploma (Luar Negeri dan Perdagangan) dari Universitas Monash.
 
 

Editor: Yoseph Pencawan

Berita Terkini Lainnya