Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahakam Ulu Masuk Program Pengembangan Infrastruktur Pemukiman

Badan Pembangunan Perbatasan Daerah Provinsi Kalimantan Timur menyebut kawasan perbatasan darat di Kabupaten Mahakan Ulu akhirnya masuk dalam program Pengembangan Infrastruktur Pemukiman.
Selama ini masyarakat masih mengelola sampah secara tradisional. /mahakamulu
Selama ini masyarakat masih mengelola sampah secara tradisional. /mahakamulu

Bisnis.com, SAMARINDA - Badan Pembangunan Perbatasan Daerah Provinsi Kalimantan Timur menyebut kawasan perbatasan darat di Kabupaten Mahakan Ulu akhirnya masuk program Pengembangan Infrastruktur Pemukiman.

Kepala Bidang Peningkatan Pembangunan Infrastruktur BPPD Agung Masuprianggono mengatakan kawasan perbatasan darat di Kabupaten Mahakan Ulu (Mahulu) masuk dalam program Pengembangan Infrastruktur Pemukiman (PIP) yang dilakukan pemerintah pusat.

"Saat Rakor BPPD Kaltim, Kepala Satker Pengembangan Kawasan Pemukiman Khusus Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Manaek Sihombing mengatakan, Kecamatan Long Apari di Mahulu masuk dalam program PIP," ujarnya

Menurutnya, program PIP di Kecamatan Long Apari tersebut mencakup pembangunan penyediaan air bersih, pengelolaan air limbah, pengelolaan sampah dan saluran drainase sepanjang 1,5 kilometer dan jalan lingkungan sepanjang 4,6 kilometer

"Akan ada penyediaan kebutuhan air bersih dengan kapasitas sebesar 20 liter/detik untuk 1200 sambungan rumah tangga. Nantinya akan terbentuk badan pengelola air minum yang dikelola oleh masyarakat setempat. Akan tetapi tidak mengesampingkan sistem penyediaan air minum yang higienis, namun tersedia setiap saat dan lancar. Selain itu, juga akan dibuat pelatihan terhadap rencana operatornya," kata Agung.

Selama ini masyarakat masih mengelola sampah secara tradisional. Oleh karena itu, nantinya akan dicoba mengubah perilaku tersebut dengan pengelolaan sampah sesuai konsep 3R (reuse, reduce dan recycle).

Reuse atau guna ulang yaitu kegiatan penggunaan kembali sampah yang masih digunakan baik untuk fungsi yang sama maupun fungsi lain. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah. Sementara itu recycle atau mendaur ulang yaitu mengolah sampah menjadi produk baru.

Agung menambahkan bahwa dalam program PIP ini juga akan dibangun jalan lingkungan dengan lebar badan jalan maksimum 4 meter yang menghubungkan antardesa.

"Untuk program PIP di Long Apari, Kabupaten Mahulu saat ini sedang dalam tahap lelang dan terbagi atas empat klaster. Klaster 1 Kampung Long Apari dan Kampung Noha Tifab. Klaster 2 Kampung Naha Silat. Klaster 3 Kampung Tiong Buu, Kampung Long Keriok, Long Pananeh I, Kampung Long Pananeh II, Kampung Long Pananeh III. Klaster 4 yaitu Kampung Tiong Ohang dan Kampung Naha Buan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper