Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASMR Rehabilitasi Kawasan Mangrove

PT Andalan Sukses Makmur atau ASMR terlibat dalam rehabilitasi kawasan pantai Teluk Pulai Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah karena mengalami abrasi dengan melibatkan masyarakat sekitar
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PANGKALANBUN- PT Andalan Sukses Makmur atau ASMR terlibat dalam rehabilitasi kawasan pantai Teluk Pulai Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah karena mengalami abrasi dengan melibatkan masyarakat sekitar.

Dalam rilis yang diterima Rabu (4/5/2016), sebagai langkah awal, perusahaan yang bernaung di bawah BGA Group itu merehabilitasi pantai dengan menanam mangrove ini dilakukan bersama kelompok petani dan pemuda desa setempat secara bertahap sejak 2015 dengan menanam 5.000 bibit dan pada tahun ini pembibitan dilanjutkan sebanyak 5.000 pohon.

Di samping itu, kegiatan penanaman pada 2016 ini menggunakan bibit awal jenis Api-api (Avicennia sp) yang sudah dipersiapkan tahun 2015 lalu. Rencananya, sampai dengan 2017 program ini menargetkan 20.000 pokok tanaman mangrove berjenis Api-api (Avicennia sp), Bakau (Rhizophora sp), dan beberapa jenis lainnya.

Manajer Kebun Burhanuddin Saragih, menyampaikan bahwa perusahaan sangat mendukung upaya rehabilitasi kawasan mangrove Teluk Pulai yang sejalan dengan program pemerintah setempat sebagai tindakan mencegah terjadinya kerusakan ekologis.

“Perusahaan menyediakan lahan untuk rehabilitasi mangrove seluas 160 ha.”, ujar Saragih.

Menurutnya, upaya pelestarian kawasan mangrove merupakan usaha yang sangat baik untuk menstabilkan kondisi lingkungan dan menyelamatkan semua habitat di sekitar kawasan tersebut. Hutan mangrove, lanjutnya, merupakan salah satu jenis hutan yang banyak ditemukan pada kawasan muara dengan struktur tanah rawa dan atau padat yang dapat melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan air laut.

Sementara itu, Camat Kumai Syahruddin, menyampaikan bahwa dukungan berbagai pihak termasuk perusahaan swasta sangat dibutuhkan agar percepatan perbaikan ekosistem mangrove Teluk Pulai ini bisa terlaksanadengan baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper