Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Agar Dana Proyek Tak Hanya Mengacu Proposal, Bupati Seruyan Sampai Nginep di Desa

Bupati Seruyan Sudarsono berencana melakukan kunjungan ke sejumlah desa yang ada di wilayahnya.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, KUALA PEMBUANG - Bupati Seruyan Sudarsono berencana melakukan kunjungan ke sejumlah desa yang ada di wilayahnya.
 
Kunjungan ke sejumlah desa itu dilakukan untuk melihat langsung realisasi program pembangunan yang telah dilaksanakan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Seruyan.
 
"Kunjungan ke desa-desa bertujuan untuk mengetahui capaian program pembangunan yang telah kita lakukan," katanya, Sabtu (16/7/2016). 
 
Bupati yang terpilih lewat jalur perseorangan itu menjelaskan, berdasarkan hasil rapat kunjungan ke sejumlah desa itu akan dilakukan mulai Rabu (20/7) dengan melibatkan instansi strategis seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) serta PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).
 
"Rencananya kita juga bermalam di desa-desa yang akan dikunjungi."
 
Menurut orang nomor satu di Bumi Gawi Hatantiring ini, kunjungannya ke desa-desa juga dilakukan sebagai langkah strategis untuk menghindari kesalahan dalam menjalankan program khususnya dalam penganggaran sebagaimana yang terjadi di beberapa SKPD.
 
"Jadi harus dilihat betul, jangan sampai kegiatan dan penganggarannya hanya berdasarkan proposal saja."
 
Dia menyebutkan, contoh kesalahan yang terjadi dalam pembangunan jalan yang hanya berdasarkan proposal tanpa ada perhitungan pasti di lapangan. Akibatnya, pembangunan jalan tidak tuntas karena dana yang dianggarkan kurang.
 
"Misalnya pembangunan jalan sepanjang 200 meter, karena hanya berdasarkan proposal akhirnya dananya kurang, dan pembangunan jalan yang seharusnya 200 jadi kurang."
 
Dia mengakui, apa yang telah terjadi di lapangan itu sebuah kesalahan yang harus diperbaiki. Bila sebelumnya dianggarkan dananya baru ke lapangan, maka ke depan harus dihitung dulu dana riil di lapangan baru dianggarkan.
 
"Kunjungan ini juga untuk memastikan bahwa pembangunan yang akan dilakukan harus benar-benar dibutuhkan serta bermanfaat bagi masyarakat, jangan sampai membangun jalan misalnya, tapi di lingkungan yang tidak ada orangnya."
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yoseph Pencawan
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper