Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meski Melimpah, Petani Seruyan Kesulitan Pasarkan Hasil Panen

Para petani di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, kesulitan memasarkan hasil pertaniannya meskipun dengan panen yang melimpah.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, KUALA PEMBUANG - Para petani di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, kesulitan memasarkan hasil pertaniannya meskipun dengan panen yang melimpah.
 
Petani Desa Persil Raya, Kecamatan Seruyan Hilir, Abdurrahman menuturkan bahwa masalah yang dihadapi banyak petani di Seruyan adalah sulitnya memasarkan hasil pertanian.
 
Anggota Kelompok Tani Usaha Bhakti ini mengatakan, hasil produksi pertanian di desanya mengalami peningkatan, khususnya untuk produksi gabah yang rata-rata dihasilkan sebanyak tiga sampai empat ton dari setiap hektare lahan petani.
 
"Luas lahan pertanian padi yang digarap petani Desa Persil 700 hektare. Kkalau setiap hektar menghasilkan tiga ton gabah lalu tidak ada yang membeli jadi mau diapakan, mau dibawa pulang ke rumah juga tidak bisa karena tidak ada tempat penampungan," paparnya, Minggu (17/7/2016).
 
Petani lainnya, Kamto menambahkan, rendahnya serapan pasar di Seruyan membuat hasil pertanian sulit bukan hanya terhadapk padi tapi juga untuk produksi pertanian seperti lombok, sayuran dan buah-buahan.
 
"Saya pernah tanam lombok. Dalam sehari lombok yang dipanen mencapai 100 kilogram tapi dijual ke pasar tidak habis, begitu pula dengan semangka sekali panen bisa 15 ton, tapi dalam sehari tiga kuintal saja tidak habis."
 
Selain rendahnya daya beli, sulitnya memasarkan hasil pertanian juga terjadi karena kurangnya promosi serta campur tangan pemerintah untuk ikut membuka akses terhadap pasar secara luas.
 
Kondisi ini sering dimanfaatkan tengkulak untuk membeli hasil pertanian dengan harga rendah.
 
"Kami minta pemerintah mencari solusi atas masalah pemasaran yang dihadapi petani, karena selain untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, petani juga perlu modal untuk kembali bertani."
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yoseph Pencawan
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper