Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penajam Paser Utara Manfaatkan Kotoran Sapi Jadi Sumber Energi

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengembangkan energi alternatif biogas dari limbah kotoran sapi guna mengoptimalkan pengembangan energi terbarukan yang ramah lingkungan.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, PENAJAM - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengembangkan energi alternatif biogas dari limbah kotoran sapi guna mengoptimalkan pengembangan energi terbarukan yang ramah lingkungan.
 
Kepala Distanak Kabupaten Penajam Paser Utara Joko Dwi Fetrianto mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pemanfaatan limbah kotoran sapi untuk energi biogas sejak 2014 dan terus kami kembangkan.
 
Untuk mengembangkan energi alternatif biogas dari limbah kotoran sapi itu, Distanak Kabupaten Penajam Paser Utara telah memasang sebanyak 97 unit alat untuk pemanfaatan biogas di empat kecamatan.
 
Pada 2016 ini, Distanak Kabupaten Penajam Paser Utara akan memasang lagi 25 unit alat pemanfaatan biogas dari limbah kotoran sapi untuk masyarakat di Kecamatan Babulu dan Sepaku.
 
"25 unit mesin pemanfaatan biogas itu merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur."
 
Menurut Joko Dwi Fetrianto, limbah kotoran sapi tersebut dimanfaatkan untuk mengganti minyak tanah dan gas untuk keperluan memasak masyarakat setempat.
 
Penggunaan biogas itu sejalan dengan imbauan pemerintah terkait gerakan penghematan energi sehingga harus didukung dan terus dikembangkan.
 
Selain itu, Distanak Kabupaten Penajam Paser Utara juga berkeinginan memanfaatkan air kencing sapi sebagai obat pengendali hama tanaman.
 
Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara berencana menjadikan wilayah Trunen, Kecamatan Sepaku sebagai sentral peternakan sapi di daerah setempat.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yoseph Pencawan
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper