Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tim BUMN Temukan Kondisi Miris Rumah Veteran Perang Kaltim

Sebanyak 50 pejuang veteran di Kalimantan Timur akan memperoleh bantuan renovasi rumah dari Hutama Karya, Pupuk Indonesia dan PT Pupuk Kaltim dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Sebanyak 50 pejuang veteran di Kalimantan Timur akan memperoleh bantuan renovasi rumah dari Hutama Karya, Pupuk Indonesia dan PT Pupuk Kaltim dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Sesuai dengan arahan dari Kementerian BUMN, ketiga perusahaan pelat merah itu akan bertanggung jawab atas pelaksanaan program BUMN Hadir Untuk Negeri di wilayah Kaltim. Pada tahun sebelumnya, tugas ini diemban oleh Garuda Indonesia.

"Tahap awal, tim kami bersama dengan HK dan tim dari Kodam Mulawarman telah melakukan survey ke Samarinda, Balikpapan, Bontang, Berau, Tenggarong, dan Tana Grogot. Sudah dapat 45 rumah, sisanya masih disurvey lagi," tutur Direktur SDM dan Tata Kelola Pupuk Indonesia Achmad Tossin, Selasa (26/7/2016).

Survey ini bertujuan untuk mencari rumah-rumah pejuang veteran yang sudah tak lagi layak dan benar-benat membutuhkan bantuan renovasi. Menurut Tossin, nilai bantuan pun akan berbeda-beda bagi tiap rumah, sesuai dengan perbaikan yang dibutuhkan oleh tiap rumah.

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Sigit Roestanto mengatakan, dari survey tersebut, pihaknya menemukan sebagian besar rumah para veteran tidak memiliki lantai, dinding, atap, dan fasilitas MCK yang layak untuk digunakan.

"Menjelang peringatan hari kemerdekaan, kami pikir program ini sangat baik untuk menghargai jasa-jasa para veteran terhadap perjuangan kemerdekaan kita," ungkap Sigit saat ditemui dalam kesempatan yang sama.

Dalam pelaksanaan program ini, ketiga BUMN itu juga bekerja sama dengan Kompi Zeni Kodam. Pangdam Mulawarman Mayjen TNI Johny Lumban Tobing menargetkan kegiatan renovasi pada seluruh rumah pejuang veteran ini dapat kelar tahun ini juga.

"Namun ada dua rumah yang harus selesai dalam waktu dekat, karena untuk simbolisasi acara. Pejuang veteran yang kami pilih adalah yang sudah berusia lanjut dan kondisi rumahnya betul-betul butuh perbaikan, jadi bantuan yang diberikan tepat sasaran."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper