Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei LKPI: 3 Tokoh Puncaki Calon Wali Kota Singkawang

Tiga nama calon pemimpin Kota Singkawang, Kalimantan Barat, mendominasi hasil survei yang dilakukan Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) dari 12 nama yang disurvei.
Ilustrasi/Antara-Abriawan Abhe
Ilustrasi/Antara-Abriawan Abhe

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga nama calon pemimpin Kota Singkawang, Kalimantan Barat, mendominasi hasil survei yang dilakukan Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) dari 12 nama yang disurvei.

Direktur Eksekutif LKPI, Khairul Affandi dalam siaran persnya, Minggu (7/8/2016), menyatakan sejumlah tokoh masyarakat dari berbagai latar belakang profesi mulai bermunculan jelang pilkada Pemilihan Wali Kota Singkawang. Hal itu ditunjukan dengan hasil Survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia yang digelar pada 21 hingga 30 Juli lalu. 

Hasil Survei yang menggunakan multistage random sampling dengan jumlah 738 korespoden terpilih dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) itu emunculkan tiga nama pemuncak.

"Hanya ada tiga tokoh yang mencapai tingkat popularitas atau dikenal oleh masyrakat Singkawang di atas 80%. Masing-masing adalah Henoch Thomas (92,2%), Tjhai Chu Mi (90,7%), Abdul Muthalib (90,1%.

Menurut Kairul,  popularitas ketiga tokoh yang tinggi ini didasari pada latar belakang ketiga tokoh.  Henoch dikenal karena pernah mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI periode lalu.

Lalu, Tjhai Chu Mi populer di masyarakat karena kalender terpampang lambang palu arit yang identik dengan komunis.  Sedangkan tokoh ketiga Abdul Muthalib, dikenal masyarakat sebagai Wakil Wali Kota Singkawang.

Masih menurut Khairul, dalam survei dengan Tingkat kepercayaan survei +/- 95% dan tingkat margin error sebesar +/- 3,6%, lagi-lagi sosok Henoch meraih peesentase paling tinggi  meraih persentase terkait kapabilitas yakni 72,1% disusul oleh Abdul muthalib  70,8% serta Tjhai Chu Mi 49,3%. 

"Dari hasil survei terkait kapabilitas ini, Henoch dinilai masyarakat memiliii kemampuan meyelesaikan persoalan pembangunan di Singkawang yang sangat tinggi dibandingkan tokoh lain," ujarnya.

Sementara itu, untuk tingkat akseptabilitas, Khairul mengatakan Henoch 28,2% disusul secara berurutan oleh  Abdul Muthalib (14,2%), Tjhai Chu Mi (7,2%).

Nama lainnya yang disurvei adalah Tambok Pardede (5,4%), Sumberanto Tjitra (6,2%), Suriandi  (4,4%),  Lo Abidin  (4,5%), Adhi Karsidi  (3.6%), Andreas Chang (3.4%),  Malika  (2.9%). Selain itu ada nama Ridha Wahyudi (2,6%) dan Andi Syarif (3,1%) dan tak menjawab (14.3%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper