Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Pembangunan Apartemen dan Kilang Pertamina Balikpapan Menjadi Harapan

Pelaku usaha sektor penunjang konstruksi berharap pelaksanaan proyek pembangunan apartemen dan pengembangan kilang PT Pertamina dapat meningkatkan permintaan penyediaan beton siap pakai, semen, dan tiang pancang.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pelaku usaha sektor penunjang konstruksi berharap pelaksanaan proyek pembangunan apartemen dan pengembangan kilang PT Pertamina dapat meningkatkan permintaan penyediaan beton siap pakai, semen, dan tiang pancang.
 
Direktur Utama PT Balikpapan Ready Mix Roy Nirwan mengatakan, sepanjang tahun ini permintaan beton siap pakai, semen, dan pembuatan tiang pancang telah menurun cukup drastis bila dibanding dengan tingkat permintaan setahun sebelumnya.
 
"Proyek dari APBD masih sepi, pemerintah daerah sekarang juga sedang kekurangan anggaran, jadi belum banyak proyek berjalan. Sedangkan proyek dari pihak swasta juga sudah sepi, kemarin hanya sisa-sisa pembangunan tahun jamak," jelas Roy, Senin (15/8/2016).
 
Menurutnya, pada 2015, permintaan beton siap pakai masih terbantu dengan adanya sisa pembangunan tahun jamak dari pihak swasta.
 
Seperti pembangunan apartemen Borneo Bay dan Pentacity Mall. Sedangkan tahun ini, proyek garapan swasta cenderung lebih sepi.
 
Sehingga dia berharap proyek pembangunan apartemen dan pengembangan kilang dapat terealisasi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Pertamina sendiri. Pembangunan apartemen sendiri ditargetkan dapat rampung tahun depan.
 
"Dalam kondisi seperti ini sebenarnya proyek pemerintah daerah yang dapat membantu, tapi karena anggaran pemerintah juga sedang dihemat, jadi tidak bisa cepat direalisasikan.
 
Belum lagi kalau ada pimpinan daerah yang kelewat berhati-hati karena takut dikriminalisasi."
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper