Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aplikasi Mobile, Ratusan Pelajar Balikpapan Ikut Pelatihan Telkomsel

Telkomsel Kalimantan menggelar program pelatihan pembuatan aplikasi mobile bagi siswa SMA, yakni NextDev Junior, di Kota Balikpapan, Selasa (30/8/2016).
Ilustrasi/telset.id
Ilustrasi/telset.id
Bisnis.com, BALIKPAPAN - Telkomsel Kalimantan menggelar program pelatihan pembuatan aplikasi mobile bagi siswa SMA, yakni NextDev Junior, di Kota Balikpapan, Selasa (30/8/2016).
 
Kegiatan edukasi ini merupakan kegiatan social corporate responsibility (CSR) yang telah dilaksanakan sejak 2013.
 
Pada pelaksanaannya tahun ini, kegiatan digelar di SMA 5 Balikpapan dan diikuti oleh ratusan siswa-siswi. Secara total, ada 8 sekolah yang mengikuti kegiatan serupa di Kalimantan.
 
"Saat ini segmen remaja merupakan salah satu pengguna aktif internet dan berbagai aplikasi digital, yang akan membangun Indonesia di masa mendatang.
 
Melalui NextDev Junior, kami memberikan pelatihan pembuatan aplikasi mobile kepada pelajar SMA secara berkelanjutan untuk memperkenalkan dunia aplikasi lebih dini ke segmen ini," jelas Manager Youth and Community Telkomsel Kalimantan Wildan Syukri, Selasa (30/8/2016).
 
Dalam kegiatan pelatihan ini, Telkomsel menghadirkan Oracle Studio dan Hicca Studio sebagai motivator dan inspirator dari pelaku usaha industri aplikasi.
 
Adapun tahapan kegiatan dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama berisi seminar bagi seluruh siswa sekolah terpilih.
 
Setelah itu, Telkomsel melakukan penjaringan kandidat dan memberikan pelatihan lagi kepada siswa terpilih.
 
Pada tahap kedua, peserta akan dilatih untuk membuat aplikasi mobile yang dinamis berdasarkan naskah, layout dan animasi.
 
Pada tahap terakhir, peserta diminta untuk melakukan penyempurnaan terhadap aplikasi mobile tersebut untuk selanjutnya dipublikasikan sehingga dapat diunduh atau diakses secara online oleh siswa.
 
"Pelatihan ini sendiri meliputi pengenalan awal aplikasi mobile, pengenalan perangkat lunak untuk membuat aplikasi, dan pembuatan aplikasi mobile sederhana.
 
Kami targetkan ada 720 aplikasi mobile dapat dihasilkan pada akhir program. Selanjutnya akan dilakukan kompetisi antar siswa untuk aplikasi yang telah mereka dihasilkan, yang kemudian akan diikutsertakan untuk kompetisi antar sekolah."
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper