Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tenun Gringsing Karangasem Dapat Indikasi Geografis

Tunun Gringsing asal Desa Tenganan, Kabupaten Karangasem mendambah daftar produk yang mendapatkan pengesahan sebagai Indikasi Geografis asal Bali.
Tenun Gringsing Karangasem. /clotclothing.blogspot.com
Tenun Gringsing Karangasem. /clotclothing.blogspot.com

Bisnis.com, DENPASAR--Tunun Gringsing asal Desa Tenganan, Kabupaten Karangasem mendambah daftar produk yang mendapatkan pengesahan sebagai Indikasi Geografis asal Bali.

Kasubdit Kerja Sama Luar Negeri Ditjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Andrienasjah menyampaikan pemberian resmi predikat itu diserahkan pada 29 Agustus 2016.

"Status ini akan memberikan nilai lebih dari segi pendapatan dan ekonomi akan meningkat, dari segi alam aka terjaga dan dari segi sosial akan dilestarian karena itu akan menguntungkan sekali dan petani sejahtera," tuturnya di Kuta, Rabu (14/9/2016).

Dia mencontohkan komoditas Lada Muntok asal Bangka Belitung setelah mendapatkan status Indikasi Geografis terbukti meningkat harganya di pasar, dari sebelumnya Rp30.000 per kg menjadi Rp180.000 per kg.

Berdasarkan penelusuran Bisnis, Kemenkum HAM sudah menerbitkan surat Indikasi Geografis bagi Tunun Gringsing  No. 06/IG/IV/A/2016‎ dan dengan nomor IG.00.2015.000015.‎ Adrienansjah mengungkapkan pengajuan tersebut diajukan oleh Komunitas Tunun Gringsing.

Dengan status Tunun Gringsing sebagai IG, maka Bali saat ini memiliki sejumlah produk IG. Sebelumnya sudah ada Kopi Kintamani, Mete Kubu serta Garam Amed.‎ Menurut Adrienansjah, masih banyak potensi ekspor di Bali seperti kerajinan yang seharusnya bisa didaftarkan menjadi IG.

Kain Tenun Gringsing merupakan kain asli dari Desa Tenganan, Karangasem. Kain ini merupakan salah satu kain yang disakralkan oleh masyarakat setempat. Kain jenis ini dijual hingga jutaan rupiah karena proses pembuatannya memakan waktu berbulan-bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper