Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemandirian Pangan, Sumber Hayati Kaltim Dapat Diandalkan

Untuk merealisasikan kemandirian pangan di Kaltim 2018, tentu perlu didukung sarana dan prasanana bidang pertanian, baik infrastruktur jalan pertanian, irigasi dan sumber daya manusia petani.
Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak/antara
Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak/antara

Bisnis.com, SAMARINDA - Untuk merealisasikan kemandirian pangan di Kaltim 2018,  tentu perlu didukung sarana dan prasanana bidang pertanian, baik infrastruktur jalan pertanian, irigasi dan sumber daya manusia petani.

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh (BKPP) Kaltim Fuad Asaddin mengatakan perwujudan kemandirian pangan di Kaltim merupakan upaya kompleks yang memerlukan dukungan semua pihak, mulai hulu sampai hilir yang saling berkaitan dengan pertanian dalam ati luas.

Apalagi, Kaltim memiliki kekayaan sumber hayati yang dapat diandalkan, banyak tumbuh-tumbuhan maupun hewani yang dapat dijadikan sumber pangan.

Sayangnya, hingga kini sebagian pangan Kaltim masih dipasok dari luar daerah dan ini merupakan tantangan bagaimana hal itu bisa dihentikan dengan kemandirian pangan sendiri.

"Karena itu, Pemprov Kaltim melalui  BKPP  dan dinas terkait bersama semua pihak terus berupaya melaksanakan pengembangan potensi pangan menuju kemandirian pangan," ujarnya pada Kamis (22/9/2016).

Untuk pencapaian tersebut, lanjut Fuad mengharapkan kepada para pemangku kepentingan di jajaran pertanian, swasta dan masyarakat untuk berkomitmen bersama  melalui  berbagai cara dan mekanisme demi merealisasikan kemandirian pangan di Kaltim.

"Komitmen  dan kerjasama semua pihak termasuk kabupaten/kota bisa dilakukan dengan langkah-langkah nyata dengan pengembangan dan perluasan areal tanam," katanya.

Dia menambahkan potensi pangan yang bisa dikembangkan tentunya bukan hanya padi, jagung, kedelai, ubi kayu daging sapi dan ikan, tetapi masih banyak lagi potensi lainnya yang bisa digali dan menjadi alternatif pengembangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper