Orangutan dan Singa Juarai Lomba Foto Internasional

Oleh: Newswire 06 November 2016 | 14:24 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, CISARUA, Bogor - Hewan di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, selain menjadi tontoan menarik ternyata mampu menawan hati para juru lomba foto bertaraf internasional.

Satwa orangutan (Pongo pygmaeus) dan singa (Panthera leo) menjadi juara pada ajang lomba foto satwa internasional (International Animal Photo Competition/IAPC) 2016.

"Objek foto orangutan menjadi juara 1 tingkat pelajar, dan singa menjadi pemenang pertama kategori umum pada IAPC ke-26," kata Direktur Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua Frans Manangsang, Minggu (6/11/2016).

Didampingi Humas TSI Cisarua Yulius H Suprihardo, ia menjelaskan bahwa IAPC digagas pihaknya setiap tahun bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta sejumlah sponsor.

Ia menjelaskan bahwa penjurian atas semua karya foto yang masuk telah dilaksanakan pada Selasa (25/10) lalu.

Menurut rencana, penyerahan hadiah kepada para pemenang akan diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar pada 26 Nopember 2016 di TSI Cisarua.

Secara rinci, ia menjelaskan bahwa juara I kategori pelajar diraih Mufthi Noorcha Barzanzi dengan obyek foto "orangutan".

Kemudian, juara II diraih Muhamad Bilal Wibisono dengan foto yang berjudul "Fish to face", dan juara III diraih Tirza Felia dengan obyek foto "Javan Kingfisher".

Sedangkan juara harapan masing masing diraih Hisyam Hauzan dengan foto berjudul "Sayang anak", William Alexander Budiman dan Juan Honga dengan obyek foto "orang utan".

Sementara itu, karya foto sekawanan singa hasil jepretan John Hantoro Pudjoko yang diberi judul "Keluarga Besar" menjadi juara I kategori umum.

Disusul juara II diraih Adi Sugiharto dengan judul foto "Dara Laut ".

Sedangkan juara III dimenangkan Saud Teguh Anggoro Parulian dengan obyek foto "orang utan".

Untuk tiga pemenang harapan masing-masing diraih Budi Gunawan dengan judul foto "Dentis Bird", Gerdie Hutomo Nurhadi dengan judul foto "Playful" dan Simon Onggo "Kakatua".

Frans Manansang menambahkan bahwa satwa orangutan yang banyak dijadikan objek foto peserta punya nilai tersendiri karena merupakan satwa endemik Indonesia.

Terlebih, kata dia, orangutan merupakan salah satu satwa langka Indonesia.

Dewan juri yang terdiri atas Dudy Sugandi (Pikiran Rakyat), Arbain Rambey (Kompas), Riza Marlon (fotografer Wildlife ), dan Dewandra Djelantik juga memutuskan foto orang utan sebagai juara favorit.

Sumber : Antara

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer