Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemasangan Converter Kit Tuntas, Pengisian Gas Pertamina Minggu Ini

Pemasangan converter kit untuk 150 kendaraan dinas Pemerintah Kota Balikpapan telah usai, proses gas in oleh PT Pertamina ditargetkan dapat dilaksanakan dalam minggu ini.
SPBG Pertamina/Ilustrasi
SPBG Pertamina/Ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemasangan converter kit untuk 150 kendaraan dinas Pemerintah Kota Balikpapan telah selesai, proses gas in oleh PT Pertamina ditargetkan dapat dilaksanakan dalam minggu ini.

Kepala Bagian Ekonomi Pemerintah Kota Balikpapan Arzaedi Rachman mengatakan mulanya proses gas in dan penyetelan converter kit akan dilakukan pada Kamis pekan lalu. Namun, realisasinya tertunda hingga saat ini.

"Comissioning-nya ditargetkan pada minggu ini. Kalau sudah ada gas in, kendaraan-kendaraan dinas pemkot bisa di-tune in, untuk kemudian diisi gas dan mulai digunakan di jalanan. Sekarang kendaraan-kendaraan itu masih menggunakan bensin," jelasnya, Senin (7/11/2016).

Menurut Arzaedi, 150 kendaraan dinas tersebut dianggap laik untuk dipasangi converter kit dari Kementerian ESDM. Sebab usia mesin sesuai dengan spesifikasi, yakni maksimal mobil dirakit pada 2009.

Setelah kendaraan-kendaraan tersebut mulai menggunakan bahan bakar gas, pemerintah mengusulkan pemasangan converter kit untuk kendaraan angkutan umum. Saat ini Dinas Perhubungan masih mendata jumlah angkutan yang laik dan sesuai spesifikasi.

"Untuk saat ini berap jumlah angkutan yang kami usulkan belum ada. Tapi saya proyeksikan jumlahnya sekitar 300 unit. Converter kit-nya dimanfaatkan dengan sistem pinjam pakai. Kalau angkutan itu sudah tidak menggunakan BBG ya converter kitnya harus dikembalikan ke pemerintah," sambungnya.

Saat ini Balikpapan memiliki tiga SPBG. Pembangunan ketiganya termasuk dalam pembangunan 56 unit SPBG yang ditugaskan kepada PT Pertamina. Adapun nilai investasi pembangunan SPBG mother station mencapai Rp54 miliar dan SPBG daughter station mencapai masing-masing Rp24 miliar.

Kapasitas gas SPBG mother station mencapai 1 MMscfd, sementara dua SPBG daughter station lainnya berkapasitas mencapai 0,5 MMscfd. Adapun pasokan gas akan dipasok oleh Chevron Indonesia Company.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper