Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balikpapan Kekurangan 7.000 Blanko e-KTP Tiap Bulan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Balikpapan mengalami kekurangan blanko Kartu Tanda Penduduk.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Balikpapan mengalami kekurangan blanko Kartu Tanda Penduduk.

Menurut data dari Disdukcapil, setiap harinya tiap kecamatan membutuhkan 50 blanko KTP.

Dengan jumlah kecamatan sebanyak enam, bisa dipastikan kebutuhan blanko mencapai 9.000 lembar per bulan. Namun, jatah blanko yang didapat hanya berjumlah 2.000-4.000 lembar.

"Kami biasanya dapat jatah antara 2000-4000 setiap permintaan. Itupun seminggu sudah habis. Misalnya tinggal sisa 100 lembar, dengan cepat kami minta lagi ke Kemendagri,” ungkap Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan Chairil Anwar, Selasa (15/11/2016).

Menurutnya, dari pencatatan sistem kelahiran, kematian, dan pindah-datang, pertumbuhan penduduk di kota minyak mencapai 3% per tahun.

Hingga Oktober, jumlah kelahiran tercatat mencapai 11.912 jiwa, sedangkah jumlah penduduk meninggal mencapai 3.170 jiwa.

Adapun penduduk pindah tercatat sebanyak 12.260 jiwa dan penduduk datang berjumlah 26.590 jiwa.

Chairil mengatakan, angka pertumbuhan penduduk tiap tahunnya berfluktuasi. Saat ini, jumlah penduduk Balikpapan mencapai 759.919 jiwa.

"Tapi masih banyak warga negara yang belum memiliki data kependudukan, apalagi yang tinggal di daerah pelosok. Kami sedang mendata, paling banyak di daerah timur. Makanya kami punya mobil keliling," terangnya.

Selain itu, dia mengaku Disdukcapil Balikpapan juga mendata anak jalanan, anak punk dan penduduk lama yang belum memiliki KTP dan Kartu Keluarga.

"Kami sedang melakukan pendataan, kerjasama dengan dinas sosial bagi anak jalanan. Jadi mereka memenuhi syarat dengan memberi KK. Akte harus diteliti dulu, dari data Dinsos kami akan meneliti, termasuk anak punk."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper