Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balap Sepeda Tour de Singkarak Diperluas ke Kerinci

Kemenpar mendukung Kabupaten Kerinci, Jambi, dilintasi ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak.
Keindahan kawasan Kayu Aro di kaki Gunung Kerinci, Jambi/Antara
Keindahan kawasan Kayu Aro di kaki Gunung Kerinci, Jambi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyatakan dukungannya terhadap Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, untuk dilintasi ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara pada Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty di Jambi menyatakan dukungannya karena ajang Tour de Singarak itu yang menginisiasi adalah Kemenpar.

"Kita dukung dan kita memang juga sudah merencanakan itu. Hanya saja nanti tinggal kita atur bagaimana kesiapan daerahnya itu," kata Esthy.

Menurut dia, dari sisi geografis Kabupaten Kerinci dengan Provinsi Sumatra Barat memang berdekatan. Di Kerinci juga terdapat potensi wisata dan pemandangan alam yang indah seperti Gunung Kerinci (3.805 mdpl) dan hamparan kebun teh Kayu Aro.

Namun karena ajang Tour de Singkarak adalah kejuaraan balap sepeda di bawah komando Persatuan Balap Sepeda Internasional atau Union Cycliste International (UCI), maka kata Esthy harus dilakukan survei dan kesiapan infrastruktur.

"Nanti kita atur dan juga harus ada survei dari UCI untuk melihat kesiapan infrastruktur jalannya, tingkat kesulitannya, kesiapan pemerintah daerahnya dan masyarakatnya. Itu salah satu yang menjadi pertimbangan," katanya menjelaskan.

Ajang balap sepeda skala internasional Tour de Singkarak, menurut Esthy, tidak hanya fokus pada di Danau Singkarak, melainkan bisa menyebar ke daerah lain.

Sebelumnya Pemprov Jambi menginginkan agar Kabupaten Kerinci bisa turut dilintasi ajang balap sepeda Tour de Singkarak pada 2017.

Pemprov Jambi beralasan agar Kabupaten Kerinci dapat dilintasi ajang balap sepeda bergengsi tersebut karena kabupaten itu telah ditetapkan sebagai branding pariwisata Jambi dan juga terdapat banyak potensi wisata.

"Kita berharap kedepan ajang balap sepeda tersebut bisa melewati rute di Kayu Aro, karena nanti jika melintasi kawasan itu akan berdampak multiplier effect. Salah satunya bisa mengangkat potensi-potensi pariwisata di Kerinci," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi Edi Erizon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler