Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terkait Upah Minimum, Pengusaha Resah Diancam Denda Rp400 Juta

Ketua Apindo Kaltim Slamet Brotosiswoyo mengatakan, hampir semua pengusaha di segala sektor masih merasakan imbas anjloknya harga batu bara pada beberapa tahun lalu.
Ilustrasi buruh/JIBI
Ilustrasi buruh/JIBI

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Asosiasi Pengusaha Indonesia Kalimantan Timur menganggap imbauan Pemerintah Kota Balikpapan tentang sanksi berupa denda sebesar Rp400 juta bagi perusahaan yang tak membayarkan upah sesuai UMK meresahkan kalangan pengusaha.

Sebab hingga saat ini perekonomian daerah masih terpuruk, para pengusaha pun telah menerapkan efisiensi sejak tahun lalu dengan merumahkan pegawainya bila tak ada proyek dan menghemat biaya operasional, sembari mencari celah bisnis yang masih potensial.

Ketua Apindo Kaltim Slamet Brotosiswoyo mengatakan, hampir semua pengusaha di segala sektor masih merasakan imbas anjloknya harga batu bara pada beberapa tahun lalu. Meskipun belakangan harga komoditas unggulan Kaltim itu berangsur naik, tak lantas memberikan multiplyer effect positif seketika.

"Pengusaha bukan tidak tahu dengan aturan pengupahan, tapi lihat situasi dan kondisinya juga. Aturan itu di tengah perekonomian lesu seperti ini efeknya membunuh atau menghidupkan? Jadi penyakit atau mengobati?," tegas Slamet belum lama ini.

Bahkan, dia berpendapat bahwa serikat pekerja pun memahami kondisi perekonomian masih terpuruk. UMK yang tinggi otomatis akan membebani pengusaha dan pada akhirnya akan membuat pengusaha melakukan efisiensi lagi melalui pengurangan jumlah pekerja atau jam kerja.

Slamet mengatakan, apabila imbauan ihwal sanksi itu tetap ditegakkan, dia meyakini gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akan terjadi cepat atau lambat. Sebab, sebelum UMK 2017 berlaku pun para pengusaha telah melakukan PHK.

Para pengusaha pun menyadari bahwa pemerintah memiliki peraturan yang wajib dipatuhi. Namun, sesuai peraturan pun pengusaha berhak menjalankan kebijakan yang telah dibuat sesuai dengan kondisi perusahaan dan perekonomian daerah.

"Pemerintah saja dalam menggaji pekerjanya terutama tenaga bantuan, tidak sesuai dengan kehidupan yang laik. Kenapa swasta yang diteror. Selama ini pernah enggak menindak perusahaan yang tidak menerapkan UMK? Mampu enggak mengontrol?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper