Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Empat Sekolah di Kalteng Sabet Penghargaan Lingkungan Hidup Nasional

Empat sekolah di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, meraih penghargaan Adiwiyata Nasional atas dedikasi menjaga lingkungan hidup di sekolah mereka.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, SAMPIT - Empat sekolah di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, meraih penghargaan Adiwiyata Nasional atas dedikasi menjaga lingkungan hidup di sekolah mereka.

"Penghargaan diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan langsung kepada kepala sekolah masing-masing pada hari ini di Jakarta. Ini prestasi membanggakan bagi daerah kita," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur, Multazam, di Sampit, Selasa (13/12/2016).

Empat sekolah penerima Adiwiyata Nasional itu adalah Sekolah Dasar Islam Baiturrahim Sampit, Sekolah Dasar Islam Terpadu Arafah Sampit, SDN 4 Mentawa Baru Hilir Sampit dan SMPN 1 Mentaya Hilir Selatan.

Keempat sekolah itu sejak jauh hari sudah mempersiapkan diri. Mereka tidak hanya menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, tetapi juga mengarahkan seluruh warga sekolah untuk menjalankan perilaku hidup sehat.

Dalam persiapannya, sekolah-sekolah itu didampingi dan dibina oleh Badan Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur. Kerjasama yang baik dan kekompakan itu akhirnya membuahkan hasil yang menggembirakan.

"Prestasi ini diharapkan memberi semangat bagi keempat sekolah itu dan sekolah-sekolah lainnya di Kabupaten Kotawaringin Timur untuk meningkatkan prestasi. Namun tujuan utama dari semua itu adalah terbentuknya kesadaran dan budaya menerapkan pola hidup bersih dan sehat," kata Multazam.

Penghargaan ini menambah panjang daftar prestasi tingkat nasional yang ditorehkan sekolah-sekolah di Kotawaringin Timur. Sebelumnya, sebanyak tiga sekolah meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri tahun 2016 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Tiga sekolah penerima Adiwiyata Mandiri berasal dari Kotawaringin Timur, yakni SMAN 1 Sampit, SMKN 1 Sampit dan SMKN 2 Sampit. Sedangkan satu sekolah lainnya adalah SD Percobaan dari Kota Palangka Raya.

Hanya empat sekolah di Kalimantan Tengah yang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri 2016 dari 111 sekolah tingkat SD, SMP, SMA dan SMK se-Indonesia yang meraih penghargaan serupa.

SMAN 1 Sampit menorehkan prestasi menonjol karena berhasil menempati urutan ke-10 dari 23 peringkat tertinggi penerima Adiwiyata Mandiri. Penyerahan penghargaan dan piala dilaksanakan saat puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Siak Provinsi Riau pada 22 Juli lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yoseph Pencawan
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper