Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina MOR VI Kalimantan Jamin Stok BBM & LPG

Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI menjamin pasokan BBM dan LPG selama perayaan Hari Raya Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 aman, perseroan telah menyiapkan stok hingga ke level aman.

Bisnis.com, BALIKPAPAN--PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI menjamin pasokan BBM dan LPG selama perayaan Hari Raya Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 aman, perseroan telah menyiapkan stok hingga ke level aman.

"Berdasarkan proyeksi data historical dan perkembangan konsumsi di tahun ini di Kalimantan, konsumsi tertinggi untuk BBM jenis Premium akan terjadi pada H-3 Natal, naik 26 KL atau 0,6% dari rata-rata normal harian yang sebesar 4.232 KL/hari," ungkap Area Manager Communication & Relations Pertamina MOR VI Kalimantan Dian Hapsari, Kamis (22/12/2016).

Sementara konsumsi Solar juga akan naik sebesar 61 KL atau 2,38% dari rata-rata normal harian yang sebesar 2.559 KL/hari. Untuk Pertalite diperkirakan konsumsi akan stabil di level 1.570 KL/hari dan 529 KL/hari untuk Pertamax.

Kemudian, kenaikan tertinggi Pertamax diperkirakan akan terjadi pada 4 Januari 2017 sebesar 1.165 KL/hari atau 220% dari konsumsi normal. Dexlite dan Pertamina Dex akan sama dengan konsumsi normal yaitu masing-masing 159 KL/hari dan 10 KL/hari.

Sementara itu, Konsumsi LPG masyarakat hingga 8 Januari 2017 diperkirakan naik 3,3 % di atas rata-rata konsumsi harian normal menjadi 956 MT/hari dibandingkan bulan November sebesar 924 MT/hari.

Sedangkan LPG 12 Kg akan naik 2,5% menjadi sebesar 113 MT/hari dibanding bulan November sebesar 111 MT/hari. Peningkatan signifikan terjadi pada produk LPG Bright Gas sebesar 7,2% menjadi sebesar 39 MT/hari dari konsumsi November sebesar 36 MT/hari.

Untuk ketahanan pasokan LPG, Pertamina juga menunjuk agen dan pangkalan siaga dan memaksimalkan SPBU dan modern outlet sebagai etalasi dan stabilisator harga Elpiji 3 kg dan 12 kg, serta penyediaan produk Bright gas yang sudah dikenal luas oleh masyarakat di Kalimantan.

Menjelang Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, Pertamina telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi untuk memastikan pasokan BBM & LPG bagi masyarakat tetap aman di antaranya dengan pembentukan Tim Satgas selama 24 jam untuk memastikan distribusi kehandalan stock BBM & LPG seluruh Kalimantan aman, terkendali dan kondusif.

“Pembentukan tim Satgas ini dimulai tanggal 19 Desember-9 Januari, bertugas antara lain menyiapkan dan menjamin keamanan serta ketahanan stok BBM & LPG, penambahan mobil tanki sesuai dengan kondisi, serta jaminan stok untuk PLN di masa libur Natal dan Tahun Baru, juga berkordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, BPH Migas, Pemda dan aparat keamanan” Tambahnya.

Pertamina juga memastikan Terminal BBM dan SPBU beroperasi 24 jam, khususnya di jalur-jalur wisata atau pusat perayaan Natal dan Tahun Baru, memonitor stok BBM dan LPG di seluruh TBBM dan SPPBE dengan sistem komputerisasi (Sistem Informasi Management Supply & Distribution).

"Seluruh kemampuan distribusi baik armada tangki dan kapal-kapal dimaksimalkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru, Kami menghimbau masyarakat untuk tetap hemat BBM dan Pastikan bahwa kendaraan anda sudah aman dan dalam kondisi prima untuk lakukan perjalanan jauh terutama menjelang liburan," tukas Sari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper