Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Sentral Nilai Laju Inflasi Balikpapan 2016 Relatif Terjaga

Bank sentral menilai laju inflasi Kota Balikpapan sepanjang 2016 relatif terjaga.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Bank sentral menilai laju inflasi Kota Balikpapan sepanjang 2016 relatif terjaga.

Yakni 4,13% untuk masing-masing laju inflasi year to date dan year to year, sedangkan laju inflasi pada Desember silam mencapai 1,26%.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Suharman Tabrani mengatakan, laju inflasi tahunan itu sesuai dengan target nasional.

Keberhasilan tersebut merupakan hasil dari koordinasi antara pemerintah daerah, bank sentral dan lembaga lain yang berada di bawah koordinasi TPID.

"Walaupun secara bulanan bahan makanan memberikan andil inflasi cukup signifikan sepanjang Desember, itu merupakan hal wajar mengingat tingkat permintaan dan penawaran musiman," jelas Suharman, Selasa (3/1/2017).

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Balikpapan, kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan indeks harga tertingi selama Desember adalah bahan pangan 2,76% dan transport, jasa keuangan dan komunikasi sebesar 2,26%.

Masing-masing menyumbang andil sebesar 0,56% dan 0,42% pada laju inflasi selama Desember.

Adapun komoditas yang menyumbang andil inflasi secara signifikan adalah daging ayam ras, jagung manis, kelapa, tarif angkutan udara, tarif pulsa ponsel, bensin dan sebagainya.

Kendati kelompok bahan makanan secara dominan memberikan andil pada laju inflasi sepanjang 2016, dia menganggap tingkat konsumsi masyarakat masih dalam batas wajar.

"Bila ditilik lebih dalam, inflasi bahan makanan cenderung terkendali. Bahkan volatile food mencatat andil deflasi -0,10% pada inflasi tahunan Balikpapan, yang merupakan cerminan konsumsi masyarakat yang wajar dan tidak berlebih sepanjang tahun," tukas Suharman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper