Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puluhan Tenant Makanan 'Dadakan' Padati Bandara Sepinggan

PT Angkasa Pura I Sepinggan mulai memanfaatkan area rooftop gedung parkir Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman untuk memacu pertumbuhan kunjungan dan pendapatan dari sektor non-aero.
Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman./sepinggan-airport.com
Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman./sepinggan-airport.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN - PT Angkasa Pura I Sepinggan mulai memanfaatkan area rooftop gedung parkir Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman untuk memacu pertumbuhan kunjungan dan pendapatan dari sektor non-aero.

Angkasa Pura I Sepinggan dan komunitas ekonomi kreatif menggelar festival kuliner dan lifesfyle di area rooftoop bertajuk 'Hype Balikpapan', menghadirkan sekitar 60 tenant food and beverage dan belasan tenant lifestyle, Rabu (4/12/2017).

Co General Manager PT Angkasa Pura I Sepinggan Sulkan optimistis acara berkonsep festival tersebut mampu menarik minat kunjungan ke bandara berkonsep airport mall itu. Dengan begitu, otomatis pendapatan juga akan terkerek.

"Menggelar acara seperti ini kami tidak perhitungan soal pendapatan atau untung, yang penting kunjungannya meningkat. Karena pada saat-saat seperti ini, jumlah penumpang menurun dari tahun ke tahun, penerbangan tidak ada yang nambah rute," jelas Sulkan.

Menurutnya, industri unggulan Kaltim menjadi penyebab utama menurunnya jumlah penumpang, sejalan dengan penurunan kunjungan bisnis dari sektor-sektor industri unggulan di Kaltim.

Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan untuk mencari potensi pergelaran seni budaya skala nasional di area rooftop. Tak hanya itu, pihaknya juga berencana akan mencari potensi-potensi pergelaran acara-acara lain.

Mengadakan acara di rooftop Bandara SAMS memberi keuntungan tersendiri bagi penyelenggara acara. Beberapa diantaranya adalah listrik yang terjamin, area parkir yang luas dan aman dan tingkat keamanan yang terjamin pula.

Apalagi saat ini Angkasa Pura telah memindahkan area parkir sepeda motor di lantai dasar gedung parkir, mulanya area parkir khusus sepeda motor ditempatkan di depan gedung terminal lama, cukup jauh dari gedung terminal baru.

"Sekarang setelah parkir motor dipindah, jumlah motor masuk yang terdata di sistem parkir kami telah meningkat 10-15% dari bulan-bulan sebelumnya. Ditambah lagi ada tenant lifestyle dan fast food di dalam yang mudah dijangkau pengunjung non penumpang," tukasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper