Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbuatan Baik Tak Buat Pelakunya Bahagia, Ini Penjelasan Aa Gym

Perbuatan baik tidak akan membuat hati pelakunya menjadi bahagia jika dilakukan dengan tidak ihlas dan masih mengharapkan ada timbal balik dari perbuatannya.
Ustad Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)./.Youtube
Ustad Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)./.Youtube

Kabar24.com, JAKARTA-Perbuatan baik tidak akan membuat hati pelakunya menjadi bahagia jika dilakukan dengan tidak ikhlas dan masih mengharapkan ada timbal balik dari perbuatannya.

Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym, pengasuh dan pendiri Pondok Pesantren Darut Tauhid, Bandung, mengatakan kebaikan itu ada dua jenis yaitu perbuatan baik yang diterima oleh Allah SWT dan yang tidak diterimaNya.

“Jadi, ada perbuatan baik yang diterima oleh Allah dan ada yang kebalikannya. Seperti salat, ada salat yang sah dan ada salat yang diterima atau haji yang sah dan haji yang mabrur. Itu tergantung keikhlasan hatinya,” katanya Selasa (10/1/2017).

Dia dalam ceramahnya di Masjid Jami Al Karim, Bumi Bintaro Permai, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, menegaskan perbuatan baik yang dilakukan dengan ikhlas, hanya mencari ridha dari Allah SWT, membuat hatinya bahagia.

Aa Gym menjelaskan menjalani kehidupan itu sesungguhnya tidaklah ribet atau rumit, karena bisa dengan mudah dilakukan agar hatinya bahagia, asalkan memenuhi 4 hal yaitu ikhlas, bertaubat, bersyukur dan bersabar.

Menurutnya, seseorang yang ingin hidupnya bahagia harus selalu berbuat kebaikan dengan rasa ikhlas, dan juga bertaubat memohon ampun kepada Allah SWT karena sebagai mahluk biasa tidak bisa terlepas dari dosa dan kesalahan.

Selanjutnya selalu bersyukur atas limpahan nikmat dan karunia yang telah diterima dari Allah SWT, serta senantiasa bersabar mengingat dalam hidup ini Tuhan akan memberikan sedikit musibah agar kualitas rasa sabarnya meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper