Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berhasil Cegah Kebakaran Lahan, 8 Desa di Kalbar Dapat Bantuan Infrastruktur

Sebanyak delapan desa berhasil mencegah kebakaran di sepanjang 2016 dan menerima insentif dari PT Smart Tbk dalam bentuk bantuan infrastruktur sosial senilai Rp100 juta per desa.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, PONTIANAK - Sebanyak delapan desa berhasil mencegah kebakaran di sepanjang 2016 dan menerima insentif dari PT Smart Tbk dalam bentuk bantuan infrastruktur sosial senilai Rp100 juta per desa.

CEO Perkebunan Sinar Mas Wilayah Kalimantan Barat Susanto mengatakan, desa-desa tersebut awalnya risiko terhadap kebakaran dan sekarang berubah menjadi Desa Siaga Api.

Adapun ke delapan desa itu yakni, Desa Lembah Hijau 1 dan 2, Desa Sungai Kelik, Desa Nanga Tayap, Desa Siantau Raya, Desa Tanjung Medan, Desa Simpang Tiga Sembelangaan dan Desa Tajok Kayong.

"Tiga dari delapan desa di Kalbar ditetapkan sebagai program desa percontohan nasional atau pilot project (Desa Sungai Kelik, Lembah Hijau 1 dan 2) oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian," kata Susanto di Ketapang, Rabu (18/1/2017).

PT Smart Tbk, menilai kedelapan desa itu kemudian dikembangkan dengan program Desa Makmur Peduli Api dengan tidak hanya mencegah kebakaran selanjutnya ditambah konservasi dan ketahanan pangan.

"Tahun ini perhatian lebih besar diberikan pada pelaksanaan konservasi bersama masyarakat untuk melindungi hutan dengan nilai konservasi tinggi dan kawasan stok karbon tinggi," ujarnya.

Dalam penguatan kelembagaan pencegahan karhutla melalui program Desa Makmur Peduli 2016, korporasi telah membuat profil desa dan peta indikatif batas desa untuk 8 desa binaannya tersebut.

Selanjutnya, membentuk dan memberdayakan Lembaga Masyarakat Siaga Api (MSA) Desa dengan merekrut anggota masyarakat desa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Yoseph Pencawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper