Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Standarisasi Kompetensi Profesi, Industri Perhotelan Jadi yang Terdepan

Industri perhotelan menjadi satu-satunya sektor usaha yang telah banyak melakukan standarisasi kompetensi profesi di Kalimantan Timur.
Ilustrasi/JIBI - Paulus Tandi Bone
Ilustrasi/JIBI - Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Industri perhotelan menjadi satu-satunya sektor usaha yang telah banyak melakukan standarisasi kompetensi profesi di Kalimantan Timur.

Sedangkan industri lainnya melakukan standarisasi pada produk-produk hasil pertambangan dan olahan kayu.

Padahal, pasar tunggal ASEAN (MEA) telah berlangsung sejak setahun silam. Kemudahan investasi dan masuknya pekerja antar negara harusnya diimbangi dengan standarisasi.

"Perhotelan memang sudah sering melakukan sertifikasi, mau tidak mau. Karena mereka menyadari tingkat kunjungan wisatawan ke Balikpapan menurun. Okupansi hotel ikut turun, jadi yang bisa dijual adalah kualitas," jelas Kepala Cabang PT Sucofindo (Persero) Balikpapan Edward Saragih, Kamis (19/1/2017).

Dia berpendapat, tingkat kesadaran akan standarisasi dalam skala nasional sudah mulai terlihat. Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian dianggapnya sudah gencar menerapkan standar nasional pada produk ekspor.

Namun, kesadaran standarisasi baik untuk profesi dan produk, masih rendah di daerah. Menurutnya, banyak produk-produk buatan lokal yang belum memiliki sertifikasi standarisasi. Padahal standarisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan perlindungan konsumen.

Dia menyadari pengusaha kecil dan mikro akan merasa terbebani apabila produk buatannya diharuskan telah memiliki sertifikat sebelum produknya beredar di pasaran.

Menurutnya, di sinilah peran pemerintah daerah berlaku, yakni memfasilitasi pengusaha kecil dan mikro.

"Secara pendapatan per kapita, kita ini kan tidak bisa menstandarisasi diri sendiri. Maka dari itu harusnya pemda lebih aktif."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper