TIPS LIBURAN: Perhatikan Ini Ketika Memilih Penginapan

Oleh: Azizah Nur Alfi 30 Januari 2017 | 05:54 WIB
Resepsionis hotel sedang melayani calon konsumen./Ilustrasi-Bisnis-Amri Nur Rahmat

Bisnis.com, JAKARTA - Berlibur menjadi kebutuhan wajib yang harus dipenuhi setelah lama bekerja. Anda tentu menyiapkan sederet kebutuhan untuk berlibur, salah satunya memilih tempat untuk menginap.

Memilih penginapan ketika liburan bisa jadi sebuah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Apalagi jika Anda mendatangi sebuah tempat liburan yang baru. Jangan asal pilih saja, karena hotel akan menjadi tempat tinggal Anda sementara selama liburan. Jadi, Anda harus memilih yang paling tepat dan sesuai bagi kebutuhan Anda.

Berikut tips Cermati.com agar Anda menemukan hotel yang tepat di saat liburan:

1. Lihat Budget Anda
Jangan memaksakan sejumlah anggaran yang tidak mampu Anda penuhi untuk membayar tarif penginapan. Sebab liburan bukan hanya mengeluarkan sejumlah dana untuk menginap saja, tetapi Anda akan mengeluarkan sejumlah uang untuk berbagai hal lainnya selama di sana nanti.

2. Lokasi Hotel
Pertimbangkan lokasi hotel yang akan Anda gunakan dengan lokasi tempat-tempat wisata yang akan Anda kunjungi nanti. Selain jarak dengan tempat-tepat wisata, Anda juga wajib mempertimbangkan lokasi hotel Anda dengan fasilitas angkutan umum, misalnya jalur bis atau kereta terdekat. Anda akan kesulitan untuk bepergian kemana-mana, jika ternyata lokasi hotelnya terlalu jauh dari jalur angkutan umum. Atau, Anda akan memboroskan sejumlah uang untuk menggunakan taksi setiap kali akan bepergian nanti.

3. Tempat Makan
Tempat makan akan mudah dijumpai ketika Anda menemukan tempat penginapan yang tidak jauh dari keramaian. Tempat seperti ini juga biasanya banyak dilalui angkutan umum, jadi Anda tidak akan kesulitan saat akan bepergian ke mana-mana dengan menggunakan angkutan umum.

4. Kondisi Keamanan
Pilih sebuah hotel yang berada di lokasi / kawasan yang aman, sehingga liburan Anda tetap bisa menyenangkan. Anda juga akan tinggal di hotel tersebut dengan perasaan yang nyaman dan tenang.

5. Kebersihan
Pilih sebuah hotel yang bersih dan layak untuk dijadikan sebagai tempat menginap Anda selama liburan. Tidak harus selalu mewah, namun sebuah hotel yang memiliki fasilitas standar sekalipun bisa saja layak untuk ditinggali, jika kondisinya dalam keadaan bersih. Hotel yang bersih akan membuat Anda nyaman dan bisa menikmati liburan dengan menyenangkan.

6. Fasilitas Hotel
Pertimbangkan mengenai fasilitas apa saja yang dimiliki oleh hotel tersebut. Anda tentu tidak akan mau mengeluarkan sejumlah uang hanya untuk membayar sebuah hotel yang tidak memiliki fasilitas yang layak.

7. Lihat Testimoni
Cari dan temukan berbagai testimoni pengunjung sebelum Anda memesan tempat penginapan. Lihat kesan mereka selama menginap di sana, sehingga Anda bisa memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai hotel tersebut. Ini bisa dijadikan sebagai salah satu patokan penilaian terhadap hotel yang akan Anda gunakan.

8. Bandingkan
Sebelum memilih salah satu yang paling tepat, maka Anda wajib membandingkan satu atau dua hotel yang akan kemu pilih nantinya. Lihat fasilitas dan hal lainnya yang akan Anda dapatkan dari masing-masing hotel tersebut, lalu pilih salah satu yang menurut Anda paling layak dan baik untuk Anda tinggali selama liburan. Dapatkan sebuah kamar hotel dengan fasilitas dan juga harga yang sesuai, booking dan buat liburan Anda menjadi lebih mudah.

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya