Aplikasi iDiscover, Tak Sekadar Peta Wisata

Oleh: David Eka Issetiabudi 05 Februari 2017 | 07:22 WIB
Objek wisata Umbul Ponggok, Klaten/youtube

Bisnis.com,mJAKARTA- Badan Pelestarian Pustaka Indonesia, Sunda Kelapa Heritage (SKH), dan iDiscover City Walks mengembangkan aplikasi panduan pariwisata di Kota Tua dan Pecinan.

Kota Tua dan Pecinan memiliki pesona dan daya tarik yang memikat mengingat banyak tempat dan bangunannya yang berdimensi pusaka Indonesia. Oleh karena itu, kemudahan dalam mengeksplorasi wilayah tersebut, menjadi penting.

Melalui aplikasi iDiscover java city walks, pengguna dapat menemukan 30 tempat unik dan bersejarah yang dapat diakses dengan berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan bermotor.

Untuk memudahkan navigasi dan pemilihan lokasi, iDiscover dibagi menjadi lima segmen, a.l iSee, iDrink, iShop, dan iSuprise. Dengan data dan visual menarik berupa info, insider secret dan gallery, membuat pengguna dengan mudah menemukan tempat yang dicari berikut sejarah yang menyertainya. Catrini Kubontubuh, Ketua Badan Pestarian Pusaka Indonesia (KPPI), menyebut hadirnya aplikasi ini akan semakin membumikan kawasan Kota Tua, Pecinan hingga Sunda Kelapa.

"Orang mencari lokasi pariwisata di Jakarta, bukan ke Mall, tetapi ketempat seperti ini. Mungkin, banyak dari kita tidak mengetahui lokasi bersejarah dan tentu unik di kawasan Kota Tua hingga Pecinan," tuturnya seusai peluncuran iDiscover Kota Tua & Glodok Map di atas kapal pinisi Atia Mulia Indah, Sabtu (4/2/17).

Aplikasi yang dikembangkan untuk memnuhi minat yang tumbuh dari pelancong utuk melihat dan merasakan denyut kota yang sesungguhnya sebagaimana warga setempat. Founder iDiscover Ester Van Sleekelenburg mengatakan hadirnya aplikasi ini juga bentuk fasilitasi pemberdayaan mitra lokal dan komunitas setempat menampilkan kearifan lokal yang dimiliki dengan menggunakan teknologi.

"Kami juga mempromosikan bisnis setempat dan perdagangan tradisional yang mencerminkan keaslian dan dinamika dari komunitas sebelumnya untuk membantu mereka," tuturnya.

iDiscover merupakan hasil persembahan Urban Discovrty, perusahaan sosial yang berpusat di Hong Kong dengan misi pelestarian tradisi budaya untuk masa depan tetap terjaga. Bekerja sama dengan OmRop (LSM), Pemerintah Kota dan Pengembang, untuk terus memanfaatkan nilai ekonomi dan pusaka. Selain peta Kota Tua dan Glodok, iDiscover juga sudah menghadirkan peta Bandung, Nyuh Kuning dan Sanur (Bali).

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya