Dari Gorengan, BPDPKS Edukasi Masyarakat Soal Sawit

Oleh: Azizah Nur Alfi 05 Februari 2017 | 08:03 WIB
Ilustrasi kelapa sawit/Reuters-Samsul Said

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit mengedukasi masyarakat tentang peran kelapa sawit melalui kegiatan bakti sosial sebagai rangkaian Pekan Nasional Sawit Indonesia (PNSI) 2017 di Desa Singasari, Kecamatan Jonggol, Bogor, Sabtu (4/2).

"Meski seluruh masyarakat Indonesia mengkonsumsi gorengan, tetapi tidak banyak masyarakat yang tahu bahwa minyak yang mereka gunakan adalah dari sawit," tutur Bayu Krisnamurthi, yang baru saja mundur dari jabatannya sebagai Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit pada Rabu (1/1), di Bogor.

Penerima manfaat dari kelapa sawit adalah seluruh masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi gorengan. Gorengan merupakan makanan yang sangat populer di semua lapisan masyarakat. Dia menyebut 40% dari total produksi minyak kepala sawit digunakan untuk minyak goreng, baik di dalam maupun luar negeri.

Kegiatan ini sekaligus menjadi wadah promosi, sosialisasi, dan edukasi kepada masyarakat tentang peran kelapa sawit. Masyarakat juga diedukasi bagaimana cara menggunakan minyak goreng yang baik diantaranya, maksimal digunakan dua kali, tidak menggunakan minyak bekas, dan lain lain.

"Kegiatan ini mencoba untuk menyentuh masyarakat yang sebenarnya menjadi salah satu pilar dari keberhasilan bisnis kelapa sawit. Dan yang menarik, diantara mereka tidak banyak yang tahu, sadar, dan paham bahwa minyak yang mereka gunakan dari kelapa sawit," imbuhnya.

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya