Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun Ini Kementerian ESDM Akan Bangun Infrastruktur Gas Terintegrasi di Kaltim

Kementerian ESDM akan memulai pembangunan infrastruktur pipa gas terintegrasi di seluruh kota dan kabupaten di Kalimantan Timur.Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja mengatakan jaringan pipa gas terintegrasi itu nantinya tak hanya akan membantu distribusi gas untuk jargas rumah tangga, namun juga untuk konsumsi industri.
Ilustrasi pipa gas/bisnis.com
Ilustrasi pipa gas/bisnis.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN-Kementerian ESDM akan memulai pembangunan infrastruktur pipa gas terintegrasi di seluruh kota dan kabupaten di Kalimantan Timur.

Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja mengatakan jaringan pipa gas terintegrasi itu nantinya tak hanya akan membantu distribusi gas untuk jargas rumah tangga, namun juga untuk konsumsi industri.

Pembangunan ini termasuk dalam program rencana induk jaringan transmisi dan distribusi gas bumi nasional.

"Kalau suatu daerah kehabisan pasokan gas, bisa didistribusi dari daerah lain, apalagi Kaltim punya cadangan gas yang cukup banyak. Jadi tidak perlu didistribusikan melalui jalur laut," jelas Wira belum lama ini.

Sama halnya dengan pembangunan infrastruktur jargas rumah tangga, PT Pertamina (Persero) akan ditunjuk untuk membangun jaringan pipa gas terintegrasi.

Saat ini dia belum dapat merincikan berapa panjang bentangan infrastruktur yang akan dibangun di Kaltim. Namun, dia mengatakan pembangunan ini menelan investasi sebesar USD$ 48 miliar secara nasional.

Dia juga memastikan proyek tersebut telah melewati kajian. Dia memperkirakan infrastruktur gas tersebut akan membentang ke seluruh Kalimantan dalam 10 tahun ke depan.

"Induk jaringan sudah terbangun di Bontang, selanjutnya akan disambung ke seluruh daerah. Bentangan jaringas gas akan dimulai di Kutai Kartanegara sepanjang 50 Km," tukasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Nur El Fathi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper