Tarik Minat Kunjungan Wisatawan, Pemkot Balikpapan Buat Destinasi Wisata Baru

Oleh: Nadya Kurnia 06 Februari 2017 | 06:53 WIB
Ilustrsi kapal nelayan/Antara-Yusuf Nugroho

Bisnis.com, BALIKPAPAN-Pemerintah Kota Balikpapan akan membuat destinasi wisata baru bagi kota minyak, yakni Kampung Nelayan Teluk Seribu di Kelurahan Manggar dan Manggar Baru.

Pembuatan destinasi wisata baru ini bertujuan untuk menarik minat kunjungan wisatawan ke Balikpapan. Saat ini, Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Balikpapan tengah menyiapkan destinasi tersebut.

"Kampung ini akan menampilkan rumah nelayan yang dicat warna-warni dan rumahnya akan dirapikan, pengunjung akan diajak menyusuri Teluk Balikpapan dengan kapal kecil," jelas Kepala Disporapar Balikpapan Oemy Fasesly, Minggu (5/2/2017).

Menurutnya, pengunjung dapat menikmati suasana pesisir pantai dan keindahan hutan mangrove, serta melihat burung bangau yang sering terpantau di hutan mangrove.

Bahkan bila datang pada waktu yang tepat, pengunjung dapat melihat bekantan yang saat ini sudah tergolong langka. Oemy mengatakan kampung nelayan ini bisa menjadi destinasi unggulan Kota Balikpapan.

Saat ini proses persiapan untuk destinasi itu dalam tahap pengecatan rumah warga nelayan yang terlibat. Cat yang digunakan juga berwarna-warni. Seluruh material menggunakan biaya sponsor, sehingga nelayan tak mengeluarkan biaya sepeser pun.

Dia mengatakan rumah warga nelayan yang dilibatkan mencapai 300 unit, terdiri dari 100 rumah di Kelurahan Manggar dan 200 rumah di Manggar Baru. Rencananya, destinasi ini akan dibuka pada Februari mendatang.

"Tak hanya melibatkan nelayan yang tinggal di daerah tersebut, namun seniman juga dilibatkan untuk melukis. Berbagai bantuan sponsor juga dilibatkan untuk mewujudkan destinasi baru ini," tukasnya.

Editor: Nur El Fathi

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer