Harga TBS Pekan Ini: Pemerintah Provinsi Riau Catat Kenaikan Harga

Oleh: Gemal Abdel Nasser P 17 Februari 2017 | 16:37 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, PEKANBARU -- Dinas Perkebunan Provinsi Riau mencatat kenaikan harga tandan buah segar pada pekan ketiga Februari 2017 sebesar Rp22,36 per kg dibandingkan pekan sebelumnya.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Ferry HC menjelaskan faktor utama yang menyebabkan TBS naik adalah harga jual Crude Palm Oil yang tinggi. Beberapa perusahaan yang menyuplai CPO seperti PTPN V, Sinar Mas, Astra Agro Lestari, dan Asian Agri melaporkan harga CPO yang diekspor mengalami kenaikan.

"Ini yang memberikan kontribusi kenaikan harga TBS di masyarakat. Untuk faktor eksternal seperti cuaca yang buruk juga berpengaruh. Akibat pasokan TBS yang sedikit dari petani juga menyebabkan harganya naik," terang Ferry.

Untuk harga TBS per kilogram yang ditetapkan oleh tim pada periode 15-21 Februari 2017 yakni kelapa sawit usia 3 tahun Rp 1.643,28; 4 tahun Rp 1.832,40; 5 tahun Rp 1.959,71; 6 tahun Rp 2.019,73; 7 tahun 2.096,12 dan 8 tahun Rp 2.161,63. Sedangkan usia 9 tahun Rp 2.232,52; 10-20 tahun Rp 2.293,49; 21.

Sementara itu, Ekonom Universitas Riau Viator Butarbutar mengatakan Riau harus membangun industri hilir crude palm oil untuk meningkatkan kualitas produk dan mengangkat perekonomian daerah tersebut.

"Riau harus membangun industri hilir CPO dengan memanfaatkan kawasan-kawasan industri yang ada. Saat ini, Riau masih mengekspor bahan mentah dan hal ini membuat ketergantungan dengan permintaan pasar," kata Viator.

Jika hal ini tidak difokuskan oleh pemerintah, harga CPO masih akan bergantung dengan permintaan luar negeri seperti Malaysia, India, Tiongkok dan Amerika Serikat. Dalam waktu-waktu tertentu, negara tujuan ekspor ini membatasi permintaan yang membuat harga komoditi itu jatuh.

Viator mengharapkan hilirisasi sawit dan CPO bisa dibangun di 4 kawasan industri yang tengah digadang-gadang oleh pemerintah. Pemerintah Provinsi Riau saat ini tengah mengembangkan 4 kawasan industri, dua kawasan industri masuk dalam kawasan industri strategis nasional yaitu Kawasan Industri Tanjung Buton di Kabupaten Siak dan Kawasan Industri Dumai di Kota Dumai.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer