Kaltim Andalkan Wisata Cruise Sungai Mahakam

Oleh: Nadya Kurnia 20 Februari 2017 | 16:09 WIB
Salah satu jembatan yang melintasi Sungai Mahakam./indonesiakya.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN-Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menilai wisata cruise Sungai Mahakam mampu menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Samarinda.

Oleh karena itu, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mewanti-wanti Dinas Pariwisata untuk menggarap sarana dan prasarananya, agar wisata baru tersebut terjual maksimal.

"Saya minta Dinas Pariwiata dapat mengadopsi perda daerah lain yang sudah menjadikan cruise sungai sebagai obyek wisata untuk pendapatan daerah. Perda tersebut nanti menjadi dasar hukum bagi pemasukan daerah," jelasnya dalam website resmi Pemprov Kaltim, Senin (20/2/2017).

Dia berpendapat sektor pariwisata merupakan sektor ekonomi yang mampu bertahan dalam krisis yang kini tengah dialami daerah, khususnya bagi daerah penghasil SDA.

Awang berharap cruise Sungai Mahakam nantinya melibatkan pengusaha mikro, kecil, dan menengah, khususnya yang bergerak di bidang food and beverage.

Sehingga, penumpang cruise tak hanya menikmati pemandangan saja, namun juga turut menikmati panganan tradisional nusantara yang tak hanya dari Kaltim, tapi juga daerah lain.

"Jadi keberadaan destinasi wisata cruise membawa multiplyer effect, selain menyerap tenaga kerja, tapi juga mendorong sektor UMKM," tutup Awang.

Editor: Fajar Sidik

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer