Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkop : Kredit UMI dan KUR Saling Melengkapi

Menteri Koperasi AAGN Puspayoga mengatakan pemberian kredit ultra mikro atau UMI melengkapi penyaluran kredit bersubsidi lainnya yakni kredut usaha rakyat atau KUR yang saat ini penyalurannya akan ditingkatkan dan lebih fokus untuk menyasar sektor produktif.

Bisnis.com, JAKARTA--Menteri Koperasi AAGN Puspayoga mengatakan pemberian kredit ultra mikro atau UMI melengkapi penyaluran kredit bersubsidi lainnya yakni kredut usaha rakyat atau KUR yang saat ini penyalurannya akan ditingkatkan dan lebih fokus untuk menyasar sektor produktif.

“Keduanya merupakan prrgram unggulan pemerintah agar ada keadilan dan ada pemerataan dalam pertumbuham ekonomi khususnya bagi pengusaha kecil,” katanya, dalam rilis yang diterima Jumat (24/2/2017).

Dia melanjutkan, untuk suku bunga kredit UMI di rencanakan relatif rendah hanya 4,5% dengan jangka waktu lebih pendek atau sekitar enam bulan.

Sementara untuk suku bunga KUR Menkop mengatakan meski sudah dibawah satu digit, namun pemerintah akan mengupayakan lagi penurunan suku bunga KUR menjadi 7 %.

“Penurunan ini sedang diupayakan,” kata Puspayoga yang turut hadir dalam kegiatan PP Muhammdiyah di Ambon, Maluku ini.

Sementara Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir menambahkan pihaknya menyambut baik adanya pembiayaaan UMI ini, mengingat masih banyakya pengusaha kecil termasuk di lingkungan Muhamadiyah yang belum mampu mendapatkan  akses ke perbankan.

“Isinya baik, manfaat dan mudah, itu yang saya tangkap dari kredit UMI ini. Untuk pengawasan terhadap kredi UMI, Muhammadiyah juga punya Lembaga Pengawas dan Pemeriksa Keuangan sehingga jika terjadi kecurangan bisa terdeteksi cepat,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper