Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI - Selandia Baru Tanda Tangani Perjanjian Kerja Sama Proyek Panas Bumi

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meneken perjanjian Partnership Arrangement dengan Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru untuk pelaksanaan proyek pengeboran panas bumi.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meneken perjanjian Partnership Arrangement  dengan Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru untuk pelaksanaan proyek pengeboran panas bumi.

Direktur Panas Bumi, Yunus Saefulhak mengatakan kerja sama dengan mitra internasional sangat diperlukan, guna mempercepat program Pemerintah Indonesia melalui Program Jalur Cepat 10.000 MW Tahap II, yang menargetkan 4.825 megawatt (MW ) dengan kebutuhan investasi yang tidak sedikit.

“Kami sangat berharap  melalui kemitraan ini, bersama-sama kita bisa percepat pengembangan panas bumi di Indonesia," kata Yunus, Rabu (8/3/2017).

Perjanjian ditandatangani oleh Direktur Panas Bumi, Ditjen EBTKE dengan Development Counsellor, Kedutaan Besar Selandia Baru di Indonesia, Mehaka Rountree di Gedung Ditjen EBTKE.

Tujuan dari Partnership Arrangement ini adalah mempercepat pengembangan panas bumi untuk mendukung Pengembangan sosial dan ekonomi di Indonesia melalui program government drilling. Dimana perjanjian ini akan mengatur prinsip-prinsip dan pemahaman antara kedua pihak yang akan memandu pelaksanaan kegiatan komponen pengeboran melalui deep slimhole.

Para Pihak akan mengikuti prinsip-prinsip dan kesepahaman yang diatur dalam Perjanjian.

Di bawah Partnership Arrangement ini, tiga perwakilan Pemerintah Indonesia akan dilibatkan pada pelaksanaan kegiatan ini, antara lain Direktorat Panas Bumi DJEBTKE dan Pusat Sumber Daya Mineral, Batu Bara dan Panas Bumi, Badan Geologi Kementerian ESDM. Selain itu, PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI), BUMN yang bernaung dibawah Kementerian Keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anne Rufaidah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper