Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nelayan Eks Cantrang Tegal Mengaku Hasil Tangkapan Naik

Nelayan eks cantrang di Tegal mengaku pendapatan mereka naik setelah mengganti alat tangkap menjadi jaring insang alias gillnet dengan melaut di Laut Arafura.
Nelayan/Antara-Rahmad
Nelayan/Antara-Rahmad

Bisnis.com, JAKARTA -- Nelayan eks cantrang di Tegal mengaku pendapatan mereka naik setelah mengganti alat tangkap menjadi jaring insang alias gillnet dengan melaut di Laut Arafura.

Mengutip siaran pers Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dicky, salah satu nelayan eks cantrang di Tegal, menuturkan dahulu dia hanya berhasil menangkap 18 ton selama dua bulan sekali melaut di Laut Jawa.  

“Sementara dengan menggunakan gillnet di Laut Arafura rata-rata dalam satu trip selama 20 hari menghasilkan tangkapan ikan 60 ton,” kata Dicky yang telah mengikuti gerai perizinan di Tegal tahun  lalu.

Ruslani, juga nelayan eks cantrang di Tegal, mengatakan kapal-kapal yang beralih dari alat tangkap cantrang dan menangkap di Laut Arafura hanya membutuhkan satu minggu di daerah penangkapan dan berhasil melelang ikan Rp1,2 miliar.

Ruslani mengaku pelayanan perizinan yang dilakukan petugas KKP di lapangan sangat memuaskan, cepat, dan mudah.

Gerai perizinan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tegalsari yang dilaksanakan selama 27 Februari–3 Maret telah menghasilkan surat izin usaha perikanan (SIUP) sebanyak 50 izin.

Selanjutnya dokumen cek fisik kapal 104 yang merupakan kapal perikanan hasil ukur ulang, surat izin penangkapan ikan (SIPI) sebanyak 34 kapal, buku kapal perikanan (BKP) sebanyak 19 kapal. Potensi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari penerbitan izin itu senilai Rp4 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper