Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Sulutgo Mulai Sasar Bisnis KPR

PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara & Gorontalo atau Bank SulutGo bakal merambah lini bisnis baru, yakni kredit pemilikan rumah (KPR).
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, MANADO—PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara & Gorontalo atau Bank SulutGo bakal merambah lini bisnis baru, yakni kredit pemilikan rumah (KPR).

Perseroan menggandeng PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) untuk menambah kapasitas bank dalam menyalurkan KPR.

Ananta Wiyogo, Direktur Utama SMF, mengatakan Bank SulutGo selama ini belum memiliki produk KPR. Oleh karena itu, SMF memberikan pelatihan bantuan peningkatan kapasitas kepada Bank SulutGo agar bisa menyalurkan KPR.

"Kami kasih pelatihan, training, SOP [standard operating procedure] bagaimana caranya menyaluran KPR. Setelah mereka implementasi, baru kami refinancing," jelasnya kepada Bisnis, akhir pekan lalu.

Sebagaimana diketahui, SMF merupakan lembaga penyedia dana jangka panjang khusus untuk pembiayaan perumahan. Tahun lalu, SMF telah mengucurkan pembiayaan Rp5,6 triliun kepada sembilan bank untu kemudian disalurkan lagi ke nasabah KPR.

Tahun ini, SMF bakal gencar menggandeng bank daerah dan perusahaan pembiayaan agar dana jangka panjang yang dihimpun dari pasar modal bisa lebih banyak tersalurkan ke masyarakat. Hingga tahun berjalan, SMF telah meneken nota kesepahaman dengan enam bank dan empat perusahaan pembiayaan.

Jeffry A.M Dendeng, Direktur Utama Bank SulutGo mengatakan perseroan tertarik merambah kredit perumahan karena potensi pasar yang cukup menjanjikan. Terlebih, portofolio kredit perseroan hingga saat ini masih didominasi kredit ke multiguna untuk pegawai negeri sipil (PNS). "Kami kerja sama dengan SMF. Tapi sejauh ini memang belum membahas angka [pinjaman], " jelasnya kepada Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper