Serapan Kredit Ternak di Kaltim Masih Rendah

Oleh: Nadya Kurnia 20 Maret 2017 | 17:21 WIB
Sapi

Kabar24.com, BALIKPAPAN--Sepanjang 2016, dana permodalan usaha sektor peternakan pada Kredit Ternak Sejahtera di Kalimantan Timur terealisasi sebanyak Rp108,9 miliar dari total dana yang disiapkan senilai Rp219,3 miliar.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim Dadang Sudarya mengatakan sumber pembiayaan tersebut difasilitasi oleh pemprov melalui BDP Kaltim.

Adapun tujuan dari program kredit tersebut adalah bertujuan untuk memacu pertumbuhan peternakan rakyat di Kaltimra.

"Kami siapkan Rp219 miliar, tapi ada calon debitur yang telah terdata tidak mengambil kuota yang disiapkan. Sehingga serapan kreditnya masih rendah," jelas Dadang, Senin (20/3/2017).

Padahal, pemprov pun telah mempermudah penyaluran kredit bagi calon debitur yang tak memiliki agunan dengan menunjuk PT Jaminan Kredit Daerah untuk memfasilitasi permodalan bank tanpa agunan.

Dadang mengatakan program kredit yang diusung oleh BPD Kaltim itu bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha peternakan ayam potong, peternakan sapi, kambing, dan jenis peternakan lainnya.

“Program kredit ini diluncurkan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak untuk memberikan kesempatan dan membuka peluang usaha bagi masyarakat dengan mudah. Program pro rakyat," tutupnya.

 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya