Gubernur NTB TGH Zainul Majdi (kanan)dan Gubernur Jeju Won Hee Ryon (kiri) membahas implementasi kerja sama antar-kedua daerah di sektor pariwisata, pembangunan ramah lingkungan dan energi terbarukan di Jeju, Korea Selatan, Senin (20/3/2017)./Biro Humas dan Protoker Setda NTB
Travel

NTB dan Jeju Kerja Sama di Sektor Wisata

Eka Chandra Septarini
Selasa, 21 Maret 2017 - 10:12
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH, Zainul Majdi menghadiri Ekspo Electric Vehicle terbesar di dunia yang diselenggarakan di Jeju, Korea Selatan.

Ekspo ini diikuti para pengambil kebijakan terkait kendaraan listrik, serta para produsen besar kendaraan listrik dari Asia, Amerika dan Uni Eropa. Dalam ekspo ini juga dipamerkan mobil-mobil listrik yang sudah diproduksi massal dan beroperasi di seluruh dunia.

Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda NTB Yusron Hadi mengatakan, dalam kunjungan tersebut, gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang ini juga mengadakan pertemuan dengan Gubernur Jeju Won Hee Ryon untuk membahas implementasi kerja sama antar-kedua daerah dalam pariwisata, pembangunan ramah lingkungan dan energi terbarukan.

"Gubernur TGB mengundang Gubernur Jeju Won Hee Ryong untuk hadir dalam NTB Invesment Forum 2017 yang akan diselenggarakan bulan Oktober yang akan datang," papar Yusron dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com di Mataram, Selasa (21/3/2017).

Bersamaan dengan ekspo ini, juga dilaksanakan Konferensi International Green Island Forum (IGIF) yang keempat. TGB menjadi salah satu pembicara utama dalam konferensi ini untuk membagi pengalaman implementasi konsep pengembangan hijau di NTB.

Dalam presentasinya, gubernur menyampaikan, bahwa pengalaman NTB menunjukkan konsep pembangunan hijau tidak menghambat pertumbuhan bahkan bisa menjadi pendorong pertumbuhan yang berkelanjutan.

Pertumbuhan NTB selama tiga tahun berturut-turut selalu diatas rata-rata nasional dengan indeks makro yang terus membaik. Pembangunan hijau berkorelasi kuat juga dengan pengembangan halal tourism serta pertanian yg menjadi basis ekonomi NTB.

Gubernur TGB juga menegaskan, bahwa NTB masih berada pada tahap awal implementasi konsep pembangunan hijau sehingga masih sangat banyak hal yang harus dipelajari dan dikembangkan. Termasuk belajar dari Korea Selatan khususnya Provinsi Jeju yang telah berhasil menerapkan konsep pembangunan hijau.

Majdi menyebut Mandalika, Samota dan Global Hub Kayangan sebagai proyek-proyek masa depan NTB yang menyandarkan diri pada konsep pembangunan hijau. Selain kawasan Tiga Gili, Sekotong, Mandalika, teluk Ekas, Samota, Hu'u, Sape, Gili Banta termasuk pengembangan transportasi ramah lingkungan di NTB.

"Tentu saja pengusulan Geopark Rinjani dan menjadikan Tambora sebagai geopark nasional adalah satu bentuk komitment nyata Pemerintah daerah membangun NTB yg lebih hijau dan berkelanjutan. Kerjasama pembangunan hijau dengan banyak pihak ke depan sangat terbuka di banyak tempat di NTB," papar Majdi seperti dijelaskan Yusron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro