Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Listrik Sumatra dan Jawa Terus Dikebut

PT Perusahaan Listrik Negara memfokuskan pembangunan transmisi untuk tol listrik Sumatra dan Tol Listrik Jawa pada tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Perusahaan Listrik Negara memfokuskan pembangunan transmisi untuk tol listrik Sumatra dan Tol Listrik Jawa pada tahun ini.

PLN juga mengeluarkan Capex senilai Rp120 triliun untuk tahun ini

Tahun ini, pihaknya akan membangun jaringan listrk di Sumatra sepanjang 2.200 KMS. Pihaknya akan mengoperasikan dari Sumatra Selatan, Jambi, Sumatra Barat dan Sumatra Utara dengan kapasitas 275 kv.

“Di Jawa Bagian Tengah, proyek transmisi PLTU Tanjung Jati Jepara akan mengaliri listrik ke Bekasi dengan panjang 920 kms dengan kapasitas 8.300 MW. Hal ini berbeda dengan Jawa Bagian Timur yang surplus daya listrik dimana beban hanya 5.600 MW dengan daya pembangkit 8.800 mw,” katanya saat menggelar konferensi pers di Kantor Pusat PLN Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Sofyan mengatakan hanya ada 1 komplek yang tengah dibangun di Jawa Bagian Timur dengan kapasitas 600 mw dan sepanjang 1.900 KMS.Sementara itu, di Jawa Bagian Barat tengah dibangun transmisi 500 kv dan beberapa gardu induk.  

Sementara itu, tahun ini, PLN menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) hingga Rp120 triliun.

Direktur Keuangan PLN Sarwono Sudarto mengatakan pada 2017 pihaknya menyiapkan Rp120 triliun untuk belanja modal. Dia mengatakan, dana tersebut sebagian besar bakal digunakan untuk pembangunan transmisi dan pembangkit listrik.

“Penggunaan dana untuk pembangkit ini meningkat, karena pada 2015-2016 lebih banyak penandatangan PPA [perjanjian jual beli listrik] sekarang mulai konstruksi dan butuh dana,” jelas Sarwono. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper