IPM Pontianak Tertinggi di Kalbar Berkat Pelayanan Publik

Oleh: Yanuarius Viodeogo 06 April 2017 | 11:46 WIB
Lajur sepeda di salah satu jalan di Kota Pontianak disediakan oleh pemkot supaya warga tertarik beraktivitas menggunakan sepeda./ Bisnis.com-Yanuarius Viodeogo

Bisnis.com, PONTIANAK - Kota Pontianak meraih Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi di Kalimantan Barat berkat pelayanan publik yang baik.

Wali Kota Pontianak Sutarmidji mengatakan, angka IPM Kota Pontianak mencapai 77,52 poin, cukup tinggi bahkan melampaui angka IPM nasional.

"IPM nasional itu 69,55 poin. Bahkan IPM Pontianak bisa lebih tinggi dari saat ini kalau angka indeks kesehatan masyarakat sudah keluar nilainya," kata Sutarmidji, melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Kamis (6/4/2017).

Dia menyebutkan IKM Pontianak sebelumnya berada di urutan 23 dari seluruh kota dan kabupaten se-Indonesia. Sutarmidji memprediksi jika IKM Kota Pontianak sudah dinilai maka nilai IPM kota itu bisa mencapai 78,4 poin.

Menurutnya, selain pelayanan publik, faktor lain yang mempengaruhi antara lain tata kelola ekonomi daerah terbaik, percepatan perizinan, pertumbuhan ekonomi yang meningkat dan sebagainya.

Semua itu, lanjutnya, disebabkan perencanaan untuk mewujudkan semua faktor di atas sesuai rencana. Pihaknya berharap di masa akhir jabatannya IPM melewati minimal 75 poin dan angka itu telah diwujudkannya.

"Target lain penurunan angka kemiskinan 5% dan sudah tercapai bahkan di bawah 5%. Kita berupaya untuk menyediakan lapangan kerja dan meningkatkan produktivitas pekerja agar momentum bonus demografi Pontianak bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi penduduk miskin."

Editor: Fajar Sidik

Berita Terkini Lainnya