Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin Minta Tenaga Ahli Analisa di PTSP Kaltim Ditambah Tangani Izin Usaha Baru

Kadin Kaltim berpendapat tenaga ahli analisa di Pelayanan Terpadu Satu Pintu harus ditambah untuk memaksimalkan pelayanan izin usaha.
Ilustrasi/jakarta.go.id
Ilustrasi/jakarta.go.id

Bisnis.com, SAMARINDA - Kadin Kaltim berpendapat tenaga ahli analisa di Pelayanan Terpadu Satu Pintu harus ditambah untuk memaksimalkan pelayanan izin usaha.

Menurut Ketua Kadin Kaltim Dayang Dona Faroek, tenaga analis yang menangani analisa potensi dan risiko masih terbatas, dan penanganan izin hanya sebatas sektor yang dikuasai.

"Sedangkan izin usaha yang masuk bisa jadi bentuk usahanya baru pertama kali ada di Kaltim, contohnya saja pabrik pengolahan singkong. Itu baru pertama kali ada di sini," ungkapnya, Jumat (7/4/2017).

Namun, dia pun mengapresiasi pelayanan PTSP yang saat ini sudah lebih baik, dengan proses yang singkat dan cepat. Khususnya dalam pemberian rekomendasi dari dinas-dinas terkait.

Dulunya, lanjut Dona, pengusaha harus mendatangi dinas-dinas satu per satu untuk memperoleh rekomendasi. Sekarang, PTSP mempercepat proses tersebut dengan menyerahkan kajian rekomendasi ke masing-masing dinas.

"Jadi bukan pengusaha nanti yang menghubungi PTSP, tapi sebaliknya PTSP memanggil dinas-dinas untuk mengkaji rekomendasi sesuai potensi dan risiko yang timbul di tiap sektor," bebernya.

Apabila ada satu dinas yang tidak memberikan rekomendasi, dinas tersebut harus memberikan alasan yang jelas. Namun apabila kajian atas izin usaha dinilai tidak melanggar undang-undang atau tidak memiliki persoalan lahan, maka rekomendasi harus diberikan.

"Tidak dikasih rekomendasi itu karena ada larangan sesuai UU atau lahannya masih masalah. Nah, kalau ada bentuk usaha baru di Kaltim, analisa potensi dan resikonya bagaimana? Maka dari itu harus ditambah tenaganya, agar lebih efektif menangani semua izin usaha yang masuk," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper