Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terapkan Transaksi Non Tunai, Balikpapan & BI Teken MOU

Pemkot Balikpapan menandatangani nota kesepahaman dengan Kpwk Bank Indonesia Balikpapan tentang Elektronifikasi Transaksi Keuangan Pemerintah Kota Balikpapan.

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Pemkot Balikpapan menandatangani nota kesepahaman dengan Kpwk Bank Indonesia Balikpapan tentang Elektronifikasi Transaksi Keuangan Pemerintah Kota Balikpapan.

Kesepakatan itu dibuat dalam rangka perluasan akses keuangan dengan bentuk penerapan berupa koordinasi dan sinergi pelaksanaan tugas dan wewenang bank sentral dan pemkot untuk menerapkan transaksi non tunai.

"Contoh konkrit yang akan segera direalisasikan adalah elektronifikasi transaksi retribusi oleh beberapa OPD dan e-parking," jelas Kepala Kpwk Bank Indonesia Balikpapan Suharman Tabrani, Selasa (18/4/2017).

Dalam penerapan transaksi non tunai, bank sentral berperan sebagai fasilitator. Pemilihan bank akan tetap diserahkan kepada pemerintah kota. Pada acara penandatangan, bank sentral mengundang bank-bank yang telah memiliki produk sistem keuangan non tunai.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menyatakan dukungan penuhnya terhadap penerapan sistem keuangan non tunai di kalangan pemerintahan.

Menurutnya, sistem keuangan non tunai dapat menekan risiko terjadinya penyalahgunaan uang yang disetorkan oleh masyarakat. Selain itu, semua transaksi keuangan juga akan tercatat.

"Kami harus mengikuti perkembangan jaman, kalau bisa semua OPD diwajibkan menyediakan layanan transaksi keuangan non tunai, agar masyarakat tidak repot membawa uang, apalagi dalam jumlah besar. Kan, risikonya tinggi," tutup Rahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper