Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Lahan KI Tinggi, Asosiasi Sebut Ada Ulah Spekulan

Kalangan pelaku usaha kawasan industri Tanah Air menyebut harga lahan KI yang mengalami kenaikan bisa disebabkan oleh harga perolehan lahan yang juga sudah tinggi. Apalagi, ulah spekulan tanah masih belum bisa dihindari.
Ilustrasi kawasan industri/Jabarprov.go.id
Ilustrasi kawasan industri/Jabarprov.go.id

Bisnis.com, JAKARTA — Kalangan pelaku usaha kawasan industri Tanah Air menyebut harga lahan kawasan industri yang naik dapat disebabkan oleh harga perolehan lahan yang juga sudah tinggi. Apalagi, ulah spekulan tanah masih belum bisa dihindari.

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar mengatakan pada beberapa kawasan yang tengah dikembangkan, harga lahan yang dijual ke tenant melonjak karena di wilayah tersebut kerap ada spekulan yang menjual lahan ke KI dengan harga tinggi.

“Harga perolehan lahannya juga sudah tinggi, bisa ada ulah spekulan. Jadi kalau dibilang harga lahan di KI mahal, perlu dilihat juga faktornya apa. Supply-demand mempengaruhi, tapi juga tergantung harga pembeliannya [oleh KI],” jelas Sanny di Jakarta, Rabu (19/4/2017).

Sebelumnya, Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri (PPI) Kementerian Perindustrian Imam Haryono menyebut harga lahan di KI Indonesia melonjak sejak pemerintah mewajibkan industri masuk ke KI pada 2010. Hal itu membuat harga KI di Jabodetabek dan sekitarnya lebih mahal dari KI negara sekitar. Berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Perindustrian, harga lahan di KI Jabodetabek dan sekitarnya merupakan yang tertinggi kelima di Asia setelah Taipei, Singapura, Korea Selatan, dan Hong Kong.

Begitu juga jika dibandingkan dengan negara-negara kompetitor utama industri Indonesia, seperti Vietnam, Bangkok, Malaysia, dan Filipina. Harga lahan di KI Indonesia melampaui sewa lahan di sejumlah negara tersebut. Hal ini meresahkan pemerintah mengingat beberapa produk manufaktur Indonesia bersaing dengan output negara-negara tersebut dalam merebut pasar global.

Sebelumnya, Konsultan Colliers International Indonesia mencatat penjualan lahan sepanjang 2016 lalu mencapai 174,90 hektare. Mayoritas komposisi transaksi terjadi di kawasan Bekasi dengan jumlah penjualan 97,20 hektare, adapun di Karawang 23,60 hektare, dan Serang 31,60 hektare.

Dalam laporannya, pencapaian tersebut hanya sekitar 50% dari realisasi penjualan sepanjang 2015 seluas 347,51 hektare. Namun, hasil tersebut bukan menjadi hal yang buruk dalam catatan Colliers sebab perolehan 2015 ditopang oleh satu transaksi besar seluas 100 hektare dari Modern Cikande.

Jika secara umum dilihat perolehan 2016 dan 2015 tidak jauh berbeda. Ke depan sektor lahan industri memilik prospek yang paling baik di antara sektor properti lainnya. Hal ini terlihat dari pertumbuhan penjualan lahan pada kuartal III/2016 yang mencapai 59 hektare, naik 103% dibandingkan dengan pencapaian kuartal II/2016. Adapun, pada kuartal VI/2016 meski tidak terjadi pertumbuhan, penjualan berhasil mencapai 68,70 hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Ratna Ariyanti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper