Telkomsel Siap Sediakan Jaringan 4,5G dan 5G di Kalimantan

Oleh: Nadya Kurnia 19 April 2017 | 17:55 WIB
Telkomsel Siap Sediakan Jaringan 4,5G dan 5G di Kalimantan
Salah satu BTS Telkomsel di daerah perbatasan. Telkomsel secara nasional telah mengoperasikan 627 base transceiver station (BTS) yang berlokasi di perbatasan dengan Singapura, Malaysia, Vietnam, Timor Leste, Australia, Filipina, dan Papua Nugini dalam upaya mendukung kedaulatan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bisnis/Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN-Telkomsel Region Kalimantan siap menyediakan jaringan 4,5G dan 5G untuk pelanggannya, meskipun penetrasi jaringan 4G belum sepenuhnya menyeluruh.

General Manager Information Communication Technology Telkomsel Region Kalimantan Hersetyo Pramono mengatakan saat ini baru 10% pelanggan di Kalimantan yang menggunakan jaringan 4G, dari total 13 juta pelanggan.

"Ini jelas memang tak menguntungkan, apalagi saat ini perusahaan berupaya mendongkrak layanan data dan memperkuat jaringan LTE ini," ujar Hersetyo, belum lama ini.

Padahal, penetrasi 4G selalu menyasar kota-kota besar yang memiliki basis pelanggan dan handset 4G yang besar. Dengan pertimbangan ekonomis, sebab infrastruktur jaringan 4G tidak bisa dibilang murah.

Saat ini, tercatat jumlah base transceiver station (BTS) untuk mendukung jaringan 4G sebanyak 954 unit dari total 11.000 BTS. Dari sisanya, BTS berbasis 2G paling mendominasi sebanyak 50% sementara sisanya BTS berbasis 3G.

Meskipun begitu, Telkomsel siap menyediakan jaringan terbaru. Saat ini provider telekomunikasi pelat merah itu melakukan modernisasi perangkat, software, maupun update transmisi termasuk kapasitasnya dalam rangka menyiapkan 4,5G dan 5G.

"Persiapan 4,5G dan 5G sudah rampung. Kita tunggu aturan pemerintah saja. Jaringan ini memberikan kecepatan 300 mbps untuk download dan 150 mbps untuk upload. Sedangkan untuk jaringan 5G, kecepatan akses data yang didapat bisa menembus 1 Gbps," tutupnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya