Morotai di Maluku Utara/Istimewa
Travel

6 Agenda Unggulan Festival Pesona Morotai

Amanda Kusumawardhani
Jumat, 21 April 2017 - 22:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah Borobudur (Jawa Tengah), Danau Toba (Sumatera Utara) dan Wakatobi (Sulawesi Tenggara), pemerintah siap meresmikan kalender wisata Morotai (Maluku Utara).

Bagi penyuka wisata bahar, yang penasaran, dan ingin berwisata silakan lingkari kalender mulai Mei hingga Oktober 2017. Setidaknya akan ada enam kegiatan wisata unggulan yang bertumpu pada daya tarik wisata alam (nature), wisata budaya (culture), dan wisata buatan manusia (man-made).

“Pastikan semua kalender kegiatan itu berjalan sesuai jadwal. Timeline-nya akan menjadi patokan para travellers. Jangan sampai berubah tanggal, apalagi bulan dan tahun," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengutip keterangan resminya, Jumat (21/4/2017).

Dikatakan, para wisatawan setidaknya merencanakan kunjungan wisata jauh-jauh hari. Mereka akan searching, booking, sampai payment via online.

Bisa dibayangkan, jika ada perubahan waktu acara sedikit saja, mereka pasti akan kecewa. Ekspektasi untuk menyaksikan beragam acara menarik pun jadi berantakan.

Soal akses, Arief menjamin infrastruktur transportasi di Morotai sudah jauh membaik. Bila pada awal triwulan 1/2016 tidak ada penerbangan regular ke Morotai, sekarang sudah penerbangan dua kali per hari dengan kapasitas 72 tempat duduk.

"Begitu pula unsur amenitas, Morotai memiliki 24 cottages dan tahun ini akan dibangun 100 homestay desa wisata,” ujar Arief.

Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba juga ikut buka suara. Menurutnya, Pemprov Maluku Utara akan terus konsisten menggelar even unggulan sepanjang tahun.

“Sejak Juni 2016 sudah ada Wonderful Morotai Island Festival (WMIF) atau Festival Pesona Morotai yang diluncurkan Menpar Arief Yahya. Dilanjutkan dengan gelar perdana event WMIF dengan menggelar event Fishing Morotai dan Festival Budaya Bahari pada Oktober 2016.

“Sekarang CoE WMIF 2017. Ini sekaligus untuk menetapkan Wonderful Morotai Island Festival sebagai branding pariwisata Morotai,” lanjutnya.

Promosi pun kian gencar dilakukan. Dari Indonesia hingga mancanegara, semua sudah dijajaki. Apalagi, letak Pulau Morotai dinilainya sangat strategis yang berada di jantung Asia Pasifik. Hanya tiga jam penerbangan dari Singapura dan Taipei.

Nah, bagi yang penasaran, silakan simak 6 event unggulan WMIF 2017.

Pertama, lomba foto bawah laut (underwater) yang berlangsung di Perairan Morotai Selatan pada 15-19 Mei 2017. Acara ini diselenggarakan untuk menjaga serta melindungi terumbu karang dan biota laut lainnya.

Selain itu, acara ini akan memperkenalkan keindahan alam bawah laut Morotai serta tantangan bagi penyelam dalam mengeksplorasi berbagai jenis sisa-sisa peninggalan peralatan Perang Dunia II yang ada sekitar perairan Morotai.

Pada kegiatan ini, pemerintah setempat menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 25 orang dan 100 wisatawan nusantara (wisnus).

Kedua, Festival Pante yang dikemas dalam beberapa kegiatan di antaranya Lomba Timba Laor, Lomba Renang, Lomba Perahu Hias, Lomba Katinting, dan Lomba Renang Tradisional yang akan berlangsung di Morotasi Selatan pada 3-6 Mei 2017. Target kegiatan ini sebanyak 20 wisman dan 80 wisnus.

Ketiga, festival musik dan tari tradisional yang dikemas dalam beberapa kegiatan lomba musik, Yangere, Musik Bambu Tada (Hitadi), Lomba Masamper, Lomba Tarian Tide-Tide, dan Lomba Tarian Cakaleleber. Kegiatan berlangsung di Morotai Selatan pada 8-12 Agustus 2017.

Keempat, Fishing Morotai sebagai lomba mancing berskala internasional yang berlangsung di perairan Morotai pada 25-27 Agustus 2017. Targetnya diikuti 25 wisman dan 100 wisnus.

Kelima, Festival Pesona Kirab Nusantara Morotai dalam rangka memperingati HUT RI berlangsung di Morotai Selatan pada 14-15 Agustus 2017. Targetnya 20 wisman dan 80 wisnus.

Keenam, Morotai Beach Run, kegiatan marathon yang diikuti peserta dari dalam negeri dan mancanegara yang berlangsung di Morotai Utara pada 26-27 Oktober 2017. Target pengunjung 25 wisman dan 100 wisnus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro