XL Axiata Resmikan Peluncuran Layanan 4G LTE

Oleh: Nadya Kurnia 23 April 2017 | 16:36 WIB
XL Axiata Resmikan Peluncuran Layanan 4G LTE
Peresmian peluncuran layanan jaringan XL 4G LTE di Kota Samarinda, Minggu (23/4/2017)/Bisnis-Nadya Kurnia

Bisnis.com, BALIKPAPAN - PT XL Axiata Tbk akhirnya meresmikan peluncuran layanan jaringan 4G LTE untuk pelanggannya di Kalimantan Timur, khususnya Kota Balikpapan dan Samarinda.

Pelanggan XL di dua kota tersebut telah menikmati layanan jaringan 4G LTE sejak Maret silam. Sebagai dua kota terbesar di Kaltim, Balikpapan dan Samarinda memiliki basis pelanggan yang besar, dengan aktivitas perekonomian digital tak kalah besar.

Banyak pelanggan memanfaatkan jaringan telekomunikasi untuk tujuan produktif, misalnya jual beli online baik skala rumahan mau pun skala menengah.

"Layanan 4G akan mendukung aktivitas masyarakat, juga pelaku bisnis di kota ini. Apalagi Samarinda adalah pusat pemerintah provinsi dan perekonomian," jelas Vice President XL Axiata North Region Handono Warih dalam rilis resminya, Minggu (23/4/2017).

Handono mengatakan selain bermanfaat untuk menunjang aktivitas ekonomi masyarakat, layanan 4G LTE juga bisa dimanfaatkan oleh pemerintah untuk menunjang layanan publik melalui e-goverment.

Layanan XL 4G LTE di Samarinda didukung oleh 80 BTS 4G. Layanan 4G di kota itu dapat dijangkau di Loa Janan Ilir, Palaran, dan Sanga-sanga.

Ketiga daerah tersebut merupakan area padat aktivitas masyarakat seperti sentra industri, pusat bisnis lokal, lembaga pendidikan, dan lain-lain.

Sedangkan di Kota Balikpapan, didukung oleh 100 BTS, dan dapat dijangkau di sekitar Klandasan Ulu, Jalan Mayjend Sutoyo, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Ruhui Rahayu, Jalan Soekarno Hatta, dan Jalan Syarifuddin Yoes.

Lebih lanjut, Handono mengatakan penyediaan layanan XL 4G di dua kota tersebut merupakan respons atas meningkatnya permintaan pelanggan dan masyarakat atas layanan data yang lebih berkualitas.

Dari 25.000 pelanggan di dua kota itu, 50% pelanggan aktif menggunakan layanan data, dan telah menggunakan smartphone dengan handset 4G. Trafik data di kedua kota itu juga terus meningkat.

"Khusus di Kalimantan, rencana pengembangan jaringan 4G LTE akan dikebut sepanjang 2017, kami berencana terus merambah ke 38 kota lainnya, terutama di ibu kota provinsi dan ibu kota kabupaten, serta pusat bisnis yang ada di semua provinsi," tutupnya.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya