Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jembatan Penghubung Bulungan-Kota Tarakan Terus Dibangun

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara memastikan pembangunan Jembatan Bulungan-Tarakan (Bulan) yang menghubungan kabupaten dengan kota yang berbentuk pulau itu terus berproses hingga saat ini.
Ilustrasi/Antara-Soleh Saputra
Ilustrasi/Antara-Soleh Saputra

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara memastikan pembangunan Jembatan Bulungan-Tarakan (Bulan) yang menghubungan kabupaten dengan kota yang berbentuk pulau itu terus berproses hingga saat ini.

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengatakan pihaknya lebih dulu membangun jalan pendekat menuju jembatan. Menyusul setelahnya pembangunan fisik Jembatan Bulan. Berdasarkan laporan dari Dinas PU, Penataan Ruang, dan Kawasan Permukiman, badan jalan pendekat telah dibangun sepanjang 1 Km.

"Titik awal pembangunan jalan pendekat berada di Desa Ardimulyo, Tanjung Palas Utara. Sudah 1 Km jalan terbangun, tahun ini akan lanjut lagi pembangunannya menggunakan APBD," jelasnya dalam rilis resmi, Senin (8/5/2017).

Sedangkan desain pembangunan dirancang oleh investor dari Cina. Menurutnya, investor telah menyiapkan anggaran untuk perencanaan desain. Dia pun mengusulkan agar investor yang sama juga masuk dalam proses pelaksanaan pembangunan.

Lebih lanjut, dia mengatakan sekitar 60 Km jalan pendekat perlu dibangun untuk mencapai titik terdekat antara Kabupaten Bulungan dengan Kota Tarakan. Titik terdekat di Tarakan berada di muara pulau.

Dia mengakui, waktu penyelesaian pembangunan memang cukup lama. Sebab 60 Km jalan pendekat menuju titik terdekat antara kedua wilayah itu belum termasuk panjang jembatan yang harus dibangun.

"Memang cukup lama, tapi generasi penduduk mendatang pasti merasakan manfaatnya. Pola pembiayaan pembangunan ini tergantung pemerintah, biasanya lewat kementerian terkait melalui APBN," tutup Irianto.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper