Jembatan Penghubung Bulungan-Kota Tarakan Terus Dibangun

Oleh: Nadya Kurnia 08 Mei 2017 | 20:02 WIB
Ilustrasi/Antara-Soleh Saputra

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara memastikan pembangunan Jembatan Bulungan-Tarakan (Bulan) yang menghubungan kabupaten dengan kota yang berbentuk pulau itu terus berproses hingga saat ini.

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengatakan pihaknya lebih dulu membangun jalan pendekat menuju jembatan. Menyusul setelahnya pembangunan fisik Jembatan Bulan. Berdasarkan laporan dari Dinas PU, Penataan Ruang, dan Kawasan Permukiman, badan jalan pendekat telah dibangun sepanjang 1 Km.

"Titik awal pembangunan jalan pendekat berada di Desa Ardimulyo, Tanjung Palas Utara. Sudah 1 Km jalan terbangun, tahun ini akan lanjut lagi pembangunannya menggunakan APBD," jelasnya dalam rilis resmi, Senin (8/5/2017).

Sedangkan desain pembangunan dirancang oleh investor dari Cina. Menurutnya, investor telah menyiapkan anggaran untuk perencanaan desain. Dia pun mengusulkan agar investor yang sama juga masuk dalam proses pelaksanaan pembangunan.

Lebih lanjut, dia mengatakan sekitar 60 Km jalan pendekat perlu dibangun untuk mencapai titik terdekat antara Kabupaten Bulungan dengan Kota Tarakan. Titik terdekat di Tarakan berada di muara pulau.

Dia mengakui, waktu penyelesaian pembangunan memang cukup lama. Sebab 60 Km jalan pendekat menuju titik terdekat antara kedua wilayah itu belum termasuk panjang jembatan yang harus dibangun.

"Memang cukup lama, tapi generasi penduduk mendatang pasti merasakan manfaatnya. Pola pembiayaan pembangunan ini tergantung pemerintah, biasanya lewat kementerian terkait melalui APBN," tutup Irianto.

 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer