Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meksiko-AS Bahas Gula

Menteri Ekonomi Meksiko IIdefonso Guajardo akan berkunjung ke Washington, Amerika Serikat pada pekan depan untuk membahas tentang ekspor gula.
Gula/ilustrasi
Gula/ilustrasi

Bisnis.com, Mexico City—Menteri Ekonomi Meksiko IIdefonso Guajardo akan berkunjung ke Washington, Amerika Serikat pada pekan depan untuk membahas tentang ekspor gula.

Hubungan perdangan AS dan Meksiko, seperti dikutip Reuters, dalam tekanan sejak Presiden Donald Trump berupaya melakukan negosiasi ulang pakta perjanjian perdagangan bebas AS dengan Meksiko dan Kanada. Trump sebelumnya juga terkenal dengan rencananya untuk membangun dinding perbatasan di Meksiko dan meminta Meksiko membayar biaya konstruksi.

Industri gula di AS menekan Departemen Perdagangan pada akhir tahun lalu untuk menarik diri dari perjanjian perdagangan yang diteken pada 2014 dan menerapkan harga serta kuota untuk impor gula dari Meksiko, kecuali jika kesepakatan tersebut dapat dibicarakan ulang.

Meksiko dan AS pada pekan lalu memperpanjang tenggat waktu hingga 5 Juni untuk mencapai kesepakatan mengenai jumlah impor gula halus dan mentah dari Meksiko ke AS.

Berbicara di sebuah acara di Mexico City, Menteri Pertanian Jose Calzada mengatakan Meksiko mempertimbangkan untuk mengambil langkah serupa jika pemerintah AS menerapkan biaya tambahan.

"Jika kami harus membayar tarif impor gula, pemerintah federal akan mempertimbangkan tindakan serupa untuk beberapa produk AS," ujar Calzada.

Meksiko adalah pemasok gula utama ke AS. Kebutuhan gula di Negara Paman Sam itu mencapai 12 juta ton. Pemerintah AS memberikan kuota ekspor ke sekitar 40 negara penghasil gula setiap tahun melalui program perdagangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper