INVESTOR STRATEGIS: Bank Bukopin Terus Berkomunikasi dengan Affin Bank

Oleh: Surya Rianto 09 Mei 2017 | 22:20 WIB
Bank Syariah Bukopin/syariahbukopin.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Bukopin Tbk. akan terus berkomunikasi dengan Affin Bank, bank asal Malaysia, terkait dengan rencana mejadi salah satu pemegang saham anak usaha perseroan, PT Bank Bukopin Syariah.

Direktur Utama Bank Bukopin Glen Glenardy mengatakan, Affin Bank memang tertarik untuk masuk ke Bank Bukopin Syariah, tetapi untuk merealisasikan aksi itu masih terhambat oleh beberapa hal. Salah satunya, batas kepemilikan saham di Indonesia yang maksimal 40%.

“Mereka ingin menjadi mayoritas, tetapi masih terhambat regulasi. Nanti, kami terus berdiskusi untuk solusinya,” ujarnya setelah rapat umum pemegang saham pada Selasa (9/5).

Glen menuturkan, dalam negosiasi, Affin Bank sempat menawarkan untuk masuk ke Bank Bukopin Syariah lewat pihak ketiga.

“Namun, kami keberatan kalau masuk lewat pihak ketiga, mending masuk secara bertahap sesuai dengan perkembangan Bank Bukopin Syariah. Kami akan terus berkomunikasi dengan Affin Bank,” tuturnya.

Adapun, bank dengan kode emiten BBKP itu yang memegang 96% saham Bank Bukopin Syariah pun tetap komitmen untuk menyuntik modal.

Glen mengatakan, setiap tahun perseroan menyuntik anak usaha perbankan syariah itu senilai Rp100 miliar. “Namun, rasanya untuk naik kelas menjadi bank BUKU II masih membutuhkan waktu sampai akhir tahun ini atau tahun depan,” ujarnya.

Editor: Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer