Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pastikan Stok BBM & LPG, Pertamina Kalimantan Bentuk Satgas

Untuk memastikan keamanan pasokan dan kelancaran distribusi BBM dan LPG selama Ramadhan hingga lebaran, PT Pertamina MOR VI Kalimantan membentuk satuan tugas yang akan bekerja aktif mulai H-15 hingga H+15 lebaran.
Pertamina/Reuters-Beawiharta
Pertamina/Reuters-Beawiharta

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Untuk memastikan keamanan pasokan dan kelancaran distribusi BBM dan LPG selama Ramadhan hingga lebaran, PT Pertamina MOR VI Kalimantan membentuk satuan tugas yang akan bekerja aktif mulai H-15 hingga H+15 lebaran.

"Agar pemantauan stok BBM dan LPG lebih komprehensif, diperkuat dengan person in charge dari berbagai fungsi diantaranya Sales Excecutive baik Retail Maupun Domestic Gas, Aviasi, Supply & Distribution, Keuangan, IT dan didukung penuh oleh Hiswana Migas serta berbagai fungsi dan instansi terkait lainnya," jelas Area Manager Communication and Relation Pertamina Kalimantan Alicia Irzanova, Rabu (10/5/2017).

Dari sisi persiapan pasokan, Pertamina juga akan menyiagakan supply point BBM dan LPG mulai H-5 lebaran untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi harian.

Perseroan sendiri memprediksikan konsumsi akan meningkat selama bulan puasa hingga lebaran, mengingat aktifitas dapur dan pergerakan kendaraan akan meningkat menjelang lebaran.

Untuk itu, Pertamina menambah pasokan BBM dan LPG dengan jumlah yang bervariasi untuk tiap-tiap daerah, rata-rata kenaikan pasokan sebesar 7% untuk BBM dan 6% untuk LPG.

"Untuk Kaltim, kami siapkan pasokan sebanyak 925 KL per hari, atau naik 3% dari stok harian normal. Sedangkan Pertalite akan disiapkan 646 KL per hari, atau naik 16% dari hari-hari normal," sambungnya.

Tidak jauh berbeda dengan produk BBM, Pertamina juga telah menyiapakan antisipasi kenaikan konsumsi produk LPG khususnya 3 Kg. Kenaikan konsumsi LPG 3 Kg diperkirakan mencapai angka 8 % atau sekitar 360 MT per hari jika dibandingkan dengan rata-rata konsumsi normal.

Sedangkan untuk LPG Non-Subsidi diprediksi mengalami penurunan hingga 30% dengan rata-rata konsumsi 71,53 MT per hari.

Selain itu, konsumsi Avtur juga diperkirakan naik hingga 10 % menjadi 386 KL per hari, mengingat adanya penambahan jadwal penerbangan menjelang arus mudik dan balik.

"Angka tersebut merupakan prediksi kenaikan yang terjadi di DPPU Sepinggan yang melayani kebutuhan penerbangan di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Kota Balikpapan," tutup Alicia.

Sebagai tambahan informasi, DPPU Sepinggan melayani sebanyak kurang lebih 88 penerbangan komersial maupun charter dari 32 maskapai serta melayani penerbangan dari Angkatan Udara sebanyak rata-rata 2 penerbangan setiap harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler